Featured Video

Senin, 02 Maret 2015

Batu Opal, Bacan, Akik Paling Diburu di Internet

Batu mulia jadi barang yang paling banyak diperjualbelikan di internet belakangan ini. Jumlah transaksi online-nya pun ikut meningkat signifikan dalam tiga bulan terakhir dengan nilai ratusan juta per hari.

Di situs e-commerce Bukalapak, misalnya. Batu mulia juga masuk dalam kategori hobi yang paling diminati pembeli. Ada tiga jenis batu yang menjadi item yang paling dicari, yakni batu Opal dengan 2.267 transaksi, lalu batu Bacan dengan 2.004 transaksi dan batu Akik sebanyak 1.645 transaksi.

"Saat ini transaksi batu mulia di Bukalapak.com sangat luar biasa. Pertumbuhannya bisa naik dua kali lipat setiap bulan dengan nilai transaksi mencapai ratusan juta rupiah per hari. Kondisi ini membuat harga batu mulia juga luar biasa tinggi," ujar Achmad Zaky, founder sekaligus CEO Bukalapak dalam email yang diterima Senin (2/3/2015).

Dengan transaksi secara online, para pemain batu mulia itu tampaknya ingin memaksimalkan peluang pasar dan membidik segmen pasar yang lebih luas, hingga merambah ke luar daerah bahkan ke luar pulau.

Fenomena transaksi batu mulia ini juga diakui beberapa penjual yang aktif bertransaksi melalui situs Bukalapak. Mereka mengaku tergoda untuk ikut meramaikan fenomena ini."Transaksi batu mulia memang menarik. Saya coba memaksimalkan peluang bisnisnya saja. Bukan untuk jangka panjang," ujar Jamil, pelapak asal Bogor.

Pengakuan yang sama dikemukakan oleh Irma, seorang pelapak yang baru mulai berjualan pada pertengahan 2014 lalu. "Saya menjual batu mulia agar akun saya yang sempat vakum lama bisa kembali aktif," cetusnya.

Terkait fenomena batu mulia ini, Sigit Nurdyansyah Putra, top rank seller di Bukalapak juga mengakuinya. "Potensi bisnis batu mulia ini memang luar biasa besar. Saya melihat, fenomena ini cocok bagi mereka yang ingin memulai bisnis secara online,” ujarnya.

Bukalapak yang didirikan oleh Zaky bersama teman kuliahnya di ITB, Nugroho Herucahyono dan Fajrin Rasyid, saat ini memiliki 150.000 pelapak dengan jumlah pengunjung lebih dari 500.000 orang per harinya.

Dengan fenomena transaksi jual beli batu mulia yang mulai ramai merambah internet, diyakini olehnya akan turut mempercepat target Zaky cs untuk mencapai sejuta pengunjung per hari di situs e-commerce miliknya.d