Featured Video

Rabu, 11 Maret 2015

PUTRA MINANG AKAN PIMPIN TIM AKROBATIK JUPITER DI PADANG



Masih ingat dengan iven dirgantara terbesar di Sumbar bertajuk Minang Airshow ta­hun 2011 lalu? Kali ini, iven serupa akan kembali ditaja oleh Lanud Padang dengan sajian yang lebih dahsyat, bertajuk Gebyar Dirgantara 2015 di Pangkalan TNU AU Padang, 21-24 Maret 2015 ini.

Beberapa acara menarik telah dikemas dan akan ditam­pilkan dalam kegiatan Gebyar Dirgantara, diantaranya, pe­nam­pilan The Jupiters Aero­batic Tim dari Skadron Pen­didikan 102 Lanud Adi Sucip­to Yogyakarta. Keha­diran Jupiter  Aerobatik  Tim (JAT) ini  merupakan se­buah kehormatan serta kebanggaan bagi Lanud Padang dan masyarakat Sum­bar pada umum­nya karena tidak mudah  be­r­bagai persiapan ha­rus di lakukan de­ngan matang.
JAT akan tampil me­narik dibutuhkan  ketrampilan, disiplin, ke­pre­sisian, kecepatan dan ketepatan dalam bermanuver agar dis­play yang ditampilkan  selalu sefety indah dilihat.
Saat di temui Haluan di ruang kerjanya, Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Pa­dang, Letkol Pnb Mohammad Apon, ST, MPA, mengatakan bahwa Tim Aerobatik ini dipimpin oleh Ko­mandan Skadron 102 Letkol Pnb Feri Yunaldi, yang merupakan putra Rang Minang asli Pariaman, kela­hiran tahun 1976 silam dan lulus AAU 1999. “Hal ini juga menjadi sebuah keistimewaan bagi putra Minang bermanuver di kampung halamannya sendiri. Beliau juga kebanggan orang Sumbar,” ujarnya.
Apon juga mengatakan, perjalan JAT di awali lepas landas dari home base Lanud Adi sucipto menuju Lanud Halim dan transit di Lanud Palem­bang menuju ke Lanud Me­dan serta  melanjutkan penerbangan menuju Malaysia. Di negari Jiran ini JAT juga memeriahkan pameran kedirgan­taraan “LIMA” (Langkawi Interna­sional Maritime and Aerospace).
Sebagai duta bangsa Indonesia JAT telah beberapa tampil di negara sahabat seperti, BRIDEX tahun 2013 (Brunai Internasional Defence Expo), Singapura Air Show tahun 2014, Bangkok dan beberapa Lanud lainya. “Usai Tampil di Malaysia tim ini akan tampil di Lanud Padang dengan menampilkan atraksi-atraksi udara mulai dari tanggal 23 Maret sampai 24 Maret tahun 2015,” jelas Apon.
Lebih jauh, perwira TNI AU ini menyebut, beberapa iven lainnya yang dipersiapkannya adalah dina­mic show, dimana pilot-pilot F-16 Fighting Falcon dan Hawk 100/200 Skadron Udara 16  Lanud Rusmin Nuryadin Pakan Baru akan unjuk kebolehan di udara lewat aksi Fly Pass. Dua iven lainnya yaitu terjun payung dan joy flight serta show oleh tim aero sport. Sedang untuk static show, akan ambil bagian Display pesawat C-130 Hercules dari ska­dron 31 dan CN-295 dari skadron 2 Lanud Halim Perdanakusuma Ja­kar­ta, Casa N-212 dari skadron 4 La­nud Abdul Rahman Saleh Malang.
“Selain itu, juga ada show heli­kopter dan pameran peralatan TNI-Polri dan pameran otomotif serta produk UKM unggulan hingga pameran batu akik. Kita juga kan adakan perlombaan, seperti, lomba Photography, Lomba menyayikan lagu Minang, Lomba Mewarnai, panggung hiburan  dan lain-lain,” jelas Apon.
Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan bagian dari agenda peringatan hari jadi TNI Angkatan Udara ke-69 yang jatuh pada tanggal 9 April mendatang serta mewu­judkan fungsi dan peran Lanud Padang itu sendiri. Pelaksanaan Gebyar Dirgantara ini juga dimak­sudkan sebagai salah satu bentuk peran aktif  Lanud Padang bersama Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Sumbar dalam upaya untuk mendukung program pemerintah tentang sadar wisata, serta sebagai sarana menumbuhkan minat dirgan­tara generasi muda sekaligus mem­berikan hiburan kepada masyarakat tanpa dipungut biaya.
Dalam tahun ini rencananya La­nud Padang mengadakan dua even terkait kedirgantaraan, kegiatan selan­jutnya akan dilaksanakan pada bulan Agustus nanti, dengan nama kegiatan West Sumatera Air Show. “Grand Lounching West Sumatera Air Show diadakan pada penutupan acara Geb­yar Dirgantara, yakni tanggal 24 Maret nanti,” pungkas Apon. H