Featured Video

Selasa, 12 Mei 2015

CHIP, Komputer Mini Seharga Rp 120 Ribuan

Kicstarter.comPerbandingan dimensi komputer mini CHIP dengan pisang.
Komputer berukuran kecil semakin banyak diproduksi. Setelah Raspberry Pi dan Intel Compute Stick, kini perusahaan rintisan digital Next Thing Co. memperkenalkan komputer yang lebih kecil dari telapak tangan, disebut CHIP.


Perangkat tersebut menurut pembuatnya, diklaim menjadi komputer pertama di dunia dengan banderol harga 9 dollar AS atau sekitar Rp 120.000.

Dikutip dari Slashgear, Minggu (10/5/2015), meski berukuran kecil dan sangat terjangkau, CHIP dapat digunakan sebagai komputer reguler. Pengguna bisa langsung menghubungkannya dengan keyboard, mouse, monitor, dan power supply, sama seperti perangkat PC pada umumnya.

Terdapat pula media penyimpanan onboard, sehingga pengguna bisa membuat dan menyimpan dokumen, atau bermain game dengan CHIP.

CHIP memiliki spesifikasi prosesor 1 GHz, RAM 512 MB, dan kapasitas penyimpanan sebesar 4 GB. Dari segi konektivitas, terdapat Bluetooth 4.0, dan WiFi 802.11 b/g/n.

Next Thing Co. menyertakan beberapa aplikasi seperti VLC player, GIMP, Libre Office, Audacity, dan software-software populer lain.

Terdapat aksesori Pocket CHIP yang menambah layar ukuran 4,3 inci, keyboard QWERTY, dan baterai yang bisa dipakai selama 5 jam.

Next Thing Co. saat ini sedang menggalang dana di situs Kicstarter.com. Target pendanaan yang ingin dicapai ialah 50.000 dollar AS, namun saat ini pendanaan telah mencapai lebih dari 300.000 dollar AS.k

Tidak ada komentar:

Posting Komentar