Featured Video

Kamis, 07 Mei 2015

Messi-Neymar Hancurkan Bayern di Camp Nou


AFP PHOTO / JOSEP LAGO
Striker Barcelona, Lionel Messi (tengah), mencoba melewati hadangan dua pemain Bayern Muenchen, Bastian Schweinsteiger (kiri) dan Xabi Alonso (kanan), pada laga semifinal Liga Champions di Camp Nou, Rabu (6/5/2015).
Barcelona meraih kemenangan 3-0 atas Bayern Muenchen pada leg pertama semifinal Liga Champions di Stadion Camp Nou, Barcelona, Rabu (6/5/2015) waktu setempat. Dua dari tiga gol Barcelona dicetak oleh Lionel Messi.

Pada laga ini, Barcelona tampil dengan kekuatan terbaik. Sementara itu, Bayern tetap menurunkan para pemain dengan nama besar, meski minus Arjen Robben, Franck Ribery, dan David Alaba.

Barcelona mulai mengusai pertandingan sejak menit pertama dimulai. Peluang pertama hadir melalui sepakan Luis Suarez pada menit ke-7. Sayangnya, tendangan Suarez masih lemah sehingga mampu dihentikan Manuel Neuer dengan mudah.

Suarez memiliki peluang kedua pada menit ke-12. Kali ini, kesempatan Suarez mencetak lebih besar karena tinggal berhadapan dengan Neuer. Namun, aksi gemilang Neuer mampu menyelematkan sepakan mendatar Suarez dari jarak dekat.

Bayern mencoba keluar dari tekanan. Upaya Bayern hampir menemui hasil pada menit ke-19. Umpan silang Thomas Mueller mengarah kepada Robert Lewandowski yang berdiri bebas tanpa kawalan. Sayangnya, Lewandowski gagal memaksimalkan peluang terbaik itu menjadi gol setelah sontekannya melenceng dari sasaran.

Pertandingan berjalan seimbang selama menit ke-20 hingga ke-35. Barcelona dan Bayern saling gantian menguasai pertandingan, namun kerap gagal memberikan ancaman berarti ke pertahanan lawannya masing-masing.

AFP PHOTO / LLUIS GENEStriker Barcelona, Luis Suarez (kiri), melepaskan tendangan dan coba dihentikan bek Bayern Muenchen, Rafinha (kanan), pada leg pertama semifinal Liga Champions di Stadion Camp Nou, Barcelona, Rabu (6/5/2015) waktu setempat.
Peluang berikutnya baru hadir pada menit ke-36. Messi dijatuhkan di luar kotak penalti yang berujung tendangan bebas. Namun, tendangan bebas Messi masih bisa ditangkap Neuer.

Pada menit ke-39, Barcelona kembali mendapatkan peluang emas. Kali ini, umpan terobosan Andres Iniesta tertuju kepada Dani Alves yang naik membantu serangan. Alves melepaskan tendangan voli yang ternyata dihentikan Neuer menggunakan kakinya. Neuer tampil gemilang dan pertandingan babak pertama pun berakhir imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, tempo pertandingan berjalan sedikit panas. Sebelas menit babak kedua berjalan, tiga kartu kuning keluar dari kantong wasit Nicola Rizzoli dari Italia. Dani Alves mendapatkan kartu kuning pada menit ke-46, diikuti oleh Mehdi Benatia pada menit ke-52 dan Juan Bernat pada menit ke-56.

Namun, Barcelona kembali tampil lebih tenang dalam menyusun serangan. Lini depan Barcelona lebih sering memberikan ancaman ketimbang barisan depan Bayern.

Pada menit ke-63, Neuer melakukan penyelamatan yang bagus saat memotong bola hasil pergerakan Neymar yang tinggal berhadapan dengannya. Satu menit kemudian, sepakan Neymar juga gagal berujung gol karena bola hanya melambung dari sasaran.

Memasuki menit ke-72, Bayern mendapatkan tendangan pertama yang mengarah tepat ke gawang Barcelona. Akan tetapi, eksekusi jarak jauh Thiago yang sempat mengenai Iniesta bisa diantisipasi dengan baik oleh Marc-Andre ter Stegen.

Ketangguhan Neuer akhirnya pudar pada menit ke-77. Berawal dari kesalahan Bernat menggiring bola, Alves mampu merebut dan kemudian mengumpan Messi. Dari luar kotak penalti, Messi melepaskan tendangan ke tiang dekat yang menggetarkan jala Neuer. Barcelona unggul 1-0 atas Bayern.

Gol tersebut ternyata membangkitkan semangat Barcelona. Terbukti, tiga menit berselang, Barcelona kembali mencetak gol dan lagi-lagi dicetak Messi. Kali ini, Messi yang mendapatkan umpan dari Ivan Rakitic sukses mengelabui kawalan Jerome Boateng. Dengan tenang, Messi melepaskan tendangan cungkil untuk menaklukkan Neuer kedua kalinya.

Jelang laga berakhir, Barcelona menambah gol lagi melalui Neymar. Dari sebuah serangan balik, Neymar tinggal berhadapan dengan Neuer. Neymar melepaskan tendangan terukur melewati sela-sela kaki Neuer untuk membobol gawang Bayern.

Barcelona pun meraih kemenangan 3-0 atas Bayern. Hasil ini membuat Bayern butuh kemenangan besar saat gantian menjamu Barcelona di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Selasa (12/5/2015) waktu setempat.

Susunan pemain

Barcelona: 1-Marc-Andre ter Stegen; 22-Dani Alves, 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano (15-Marc Bartra 89), 18-Jordi Alba; 4-Ivan Rakitic (6-Ivan Rakitic 82), 5-Sergio Busquets, 8-Andres Iniesta (12-Rafinha Alcantara 87); 10-Lionel Messi, 11-Neymar, 9-Luis Suarez

Pelatih: Luis Enrique

Bayern Muenchen: 1-Manuel Neuer; 13-Rafinha, 17-Jerome Boateng, 5-Mehdi Benatia, 18-Juan Bernat; 31-Bastian Schweinsteiger, 21-Philipp Lahm, 3-Xabi Alonso, 6-Thiago Alcantara; 25-Thomas Mueller (19-Mario Goetze 79); 9-Robert Lewandowski

Pelatih: Josep Guardiola

Wasit: Nicola Rizzoli (Italia)