Featured Video

Senin, 15 Juni 2015

Sepak Bola Indonesia Makin Terkubur Setelah Dihantam Vietnam 5 Gol Tanpa Balas

Indonesia menelan kekalahan telak 0-5 dari Vietnam dalam laga perebutan tempat ketiga sepakbola SEA Games 2015. Hasil ini membuat mimpi Indonesia meraih perunggu terkubur.

Berhadapan dengan Vietnam di National Stadium, Kallang, Senin (15/6/2015) siang WIB, Indonesia berharap meraih angka penuh untuk setidaknya pulang dengan medali perunggu. Timnas U-23 mencoba memainkan bola saat laga dimulai, namun kesulitan karena Vietnam langsung menerapkan tekanan.

Beberapa kali timnas U-23 justru mendapatkan ancaman di awal-awal laga. Sementara anak asuh Aji Santoso mencoba melakukan serangan balik.

Di menit ke-12, 'Garuda Muda' mendapatkan pukulan nyata pertama dari Vietnam. Hansamu Yama melakukan handball di dalam kotak terlarang dan berbuah penalti. Hong Quan berhasil mengeksekusi dan membawa Vietnam unggul 1-0.

Tertinggal, Indonesia kian kesulitan mengembangkan permainan. Vietnam justru kian gencar menekan. Hasilnya di menit ke-20, mereka berhasil mencetak gol tambahan melalui Huy Toan Vo.

Dari sebuah serangan cepat di sisi kanan, bola terobosan diagonal diberikan kepada Toan Vo yang berlari tak terkawal di kiri. Dengan sepakan kaki kiri, dia menaklukkan Teguh Amiruddin, kiper Indonesia.

Indonesia sempat mendapatkan peluang bagus melalui Muchlis Hadi dalam skema serangan balik. Tapi sepakan eks penggawa timnas U-19 itu melebar di sisi kiri gawang.

Justru di menit ke-40 timnas U-23 kembali kemasukan. Dari skema yang hampir serupa dengan gol sebelumnya, Toan Vo kali ini melepaskan sepakan dari luar kotak penalti yang tak bisa dihentikan oleh Teguh. Babak pertama berakhir dengan keunggulan 3-0 untuk Vietnam.

Di menit-menit akhir babak pertama, Vietnam menambah satu gol lain melalui Nguyen Huu Dung. Huu Dung dengan cerdik berlari di antara dua bek Indonesia, lalu menyambut umpan terobosan lambung dengan sepakan first time ke dalam gawang.

Di awal babak kedua, Indonesia sempat melakukan tekanan melalui sepakan jarak jauh Adam Alis. Hanya saja tendangannya masih melebar ke kanan gawang.

Vietnam kemudian berhasil menambah gol di menit ke-70 melalui Ngoc Hai Que. Berawal dari sepak pojok, Hai Que berhasil membelokkan sebuah sepakan rekannya.

Timnas U-23 sempat melepaskan upaya di menit ke-79 melalui tendangan Muchlis saat berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Tapi sepakannya dihalau.

Tak ada gol lain di sisa waktu, Indonesia pun kalah telak 0-5. Dengan demikian, Vietnam berhak mendapatkan medali perunggul sepakbola SEA Games 2015.

Bagi Indonesia, ini merupakan kekalahan telak kedua usai dihantam Thailand juga dengan skor 0-5 di semifinal.

Susunan pemain:

Vietnam: 27 Phi Minh Long; 3 Pham Manh Hung, 6 Nguyen Minh Tung, 15 Que Ngoc Hai, 22 Nguyen Thanh Hien; 2 Nguyen Huu Dung, 11 Do Duy Manh, 25 Vo Huy Toan; 10 Nguyen Cong Phuong, 17 Mac Hong Quan, 20 Tran Phi Son

Indonesia Amiruddin; 1 Teguh Amiruddin; 3 Abduh Lestaluhu, 5 Zalnando, 13 Manahati Lestusen, 15 Agung Prasetyo, 16 Hansamu Yama; 7 Ahmad Nufiandani, 10 Wawan Pebriyanto, 18 Adam Alis, 19 Zulfiandi; 9 Muchlis Hadi