Featured Video

Senin, 22 Juni 2015

TRUK TEMBUS PANDANG ALA SAMSUNG


http://images.detik.com/content/2015/06/22/398/samsungsafetytruck.pngsafety truck (samsung)
 Sebagai perusahaan teknologi, Samsung tak cuma pamer inovasi di segmen ponsel dan perangkat elektronik konsumer. Adalah Safety Truck yang jadi pembuktiannya, teknologi temuan Samsung ini bisa bikin truk kontainer jadi 'tembus pandang'.

Kecelakaan di jalan raya tak sedikit yang melibatkan truk kontainer, salah satu penyebabnya adalah karena posisi blind spot ketika ingin menyalip kendaraan berukuran panjang dan tinggi tersebut, terutama bila dilakukan di jalan dengan hanya dua jalur. Alih-alih ingin menyalip, malah berisiko tabrakan dengan kendaraaan dari arah berlawanan.

Salah satu negara yang infrastruktur jalannya didominasi oleh jalanan dua jalur adalah di Argentina. Menurut statistik, di negara ini ada satu korban kecelakaan lalu lintas tiap jamnya. Kebanyakan terjadi ketika ingin menyalip kendaraan lain di depannya.

Safety Truck seakan menjadi jawaban Samsung akan masalah ini. Teknologi Safety Truck sebenarnya sederhana, yakni mengkombinasikan sebuah kamera dan layar monitor sebagai penampilnya. Tapi yang membuatnya menarik adalah ketika Samsung menempatkannya di bagian depan dan belakang sebuah truk kontainer.

Dengan ukuran yang panjang dan tinggi, memang bukan perkara mudah menyalip truk kontainer. Di sinilah Safety Truck bekerja, Samsung membenamkan layar monitor di bagian belakang truk kontainer. Sedangkan kameranya di bagian depan. Jadi cara kerjanya adalah layar monitor yang ada di belakang truk kontainer merefleksikan hasil dari kamera depan. Yang mana hal tersebut bikin truk kontainer jadi seakan tembus pandang.

Dengan begitu kendaraan yang ada di belakang truk kontainer bisa melihat kondisi di depan kontainer. Sehingga lebih aman bila ingin menyalip.

Seperti dikutip dari Gizmodo, Senin (22/6/2015), Samsung disebut tengah berusaha meloloskan regulasi penggunaan teknologi Safety Truck agar bisa digunakan secara massal. Namun meski inovatif, analis meragukan keinginan pemilik truk kontainer membenamkan teknologi Safety Truck. Alasannya adalah biaya yang tak sedikit untuk membenamkan empat layar monitor outdoor di belakang pintu kontainer, belum lagi ancaman pencurian.

Tapi meski begitu, tetap saja teknologi Safety Truck terbilang revolusioner dan diyakini bakal efektif menekan angka kecelakaan di jalan. Berikut video implementasi Safety Truck.D


(yud/ash)