Featured Video

Kamis, 30 Juli 2015

Mau Bikin Bakso yang Enak, Kenyal, Elastis dan Tidak Mudah Remuk? Ini Caranya

Mau Bikin Bakso yang Enak, Kenyal, Elastis dan Tidak Mudah Remuk? Ini Caranya
net
Anda memang bisa membelibakso dengan mudah, tetapi membuat bakso sendiri tentu lebih sehat, dan lebih terjamin keamanannya. Apalagi jika Anda berniat menyajikan bakso itu untuk anak-anak.
Bakso yang enak harus kenyal, elastis, dan tidak mudah remuk. Untuk membuat bakso yang kenyal, apa yang Anda perlukan?
* Gunakan daging cincang. Ketika memilih daging untukbakso, lupakan dulu daging cincang tanpa lemak. Lemak justru diperlukan untuk membuat bakso, karena membantu mengikat atau menyatukannya. Karena itu, belilah daging cincang biasa yang berlemak.
* Daging berhamburan ketika membuat bakso biasa terjadi. Selain lemak, telur juga bisa dimanfaatkan untuk mengikat daging cincang. Tetapi, telur bisa membuat tekstur bakso lebih berantakan dan lembab, sehingga Anda memerlukan tepung roti untuk menyeimbangkannya. Selain itu juga untuk membantu meringankan campurannya.
* Keju juga baik untuk menyatukan daging cincang, namun tentunya citarasanya menjadi berbeda. Jika seluruh anggota keluarga menyukai rasa keju sih, tak masalah.
* Bahan-bahan lain seperti tepung roti segar juga bisa meringankan tekstur bakso, karena daging cincang saja akan membuat bakso sangat padat. Tepung roti yang direndam susu membuat bakso menjadi lebih ringan lagi.
* Ketika mengaduk daging giling, pastikan sampai padat dan melekat, tidak berhamburan. Setelah membentuknya jadi bulatan, letakkan bakso ke dalam air panas secara bersamaan. Jika Anda memasukkannya satu-persatu, bisa saja bakso yang Anda masukkan lebih dulu sudah matang sempurna, namun bakso yang dimasukkan belakangan masih kurang matang.
* Jika tidak berniat langsung mematangkannya, atau langsung mengonsumsinya setelah matang, simpanbakso ke dalam freezer. Masukkan lebih dulu bakso ke dalam plastik atau kotak kedap udara agar tidak mengering di dalam freezer.