Featured Video

Jumat, 06 November 2015

Rider MotoGP Diingatkan untuk Junjung Tinggi Sportivitas di Valencia


REUTERS/Olivia Harris
Para rider dan manajer tim MotoGP telah dipanggil menghadap Permanent Bureau MotoGP--yang berisi petinggi otoritas ajang itu. Ada beberapa poin yang ditegaskan Permanent Bureau.

Seperti diberitakan sebelumnya Permanent Bureau, yang diisi oleh Presiden FIM Vito Ippolito dan Chief Executive Officer Dorna Sports Carmelo Ezpeleta, memanggil seluruh rider MotoGP beserta masing-masing timnya pada hari Kamis (5/11/2015). Sesi pertemuan prabalapan MotoGP Valencia itu sekaligus menggantikan sesi konferensi pers sebelum akhir pekan balapan.

Pertemuan ini sendiri dilangsungkan menyusul insiden yang melibatkan rider Movistar Yamaha Valentino Rossi dengan pebalap Repsol Honda Marc Marquez dalam balapan di Sepang, Malaysia lalu. Di balapan itu Marquez terjatuh dan Rossi pada prosesnya dapat hukuman, dengan seluruh rangkaian kejadian saat itu dan yang terjadi setelahnya terus melahirkan perdebatan dan adu argumentasi.

Terkait hal tersebut Permanent Bureau pun menegaskan bahwa kontroversi serupa tak boleh lagi terulang dalam balapan pamungkas di Valencia pada akhir pekan. Para rider pun diingatkan kembali akan tanggung jawabnya sebagai figur yang harusnya jadi panutan.

Selain itu, turut dijelaskan bahwa ada kemungkinan peraturan pada musim depan akan dipertegas demi menghindari terulangnya insiden serupa di atas lintasan, yang dinilai sudah memberi citra negatif pada kejuaraan secara keseluruhan.

Berikut pernyataan lengkap Permanent Bureau seperti dirangkum MotoGP.com:

"Yang pertama, dan yang terpenting, yang menang haruslah olahraganya. Balapan di hari Minggu adalah yang terakhir pada tahun ini dan olahraga yang harus berjaya," sebut Permanent Bureau di awal pernyataannya.

"Kami bangga dengan balapan-balapan luar biasa yang sudah kalian perlihatkan kepada kami tahun ini. Hal itu terus menumbuhkan minat pada kejuaraan kami di seluruh dunia. Kami juga ingin berterima kasih kepada kalian untuk hal tersebut."

"Dalam beberapa hari terakhir, sayangnya sudah ada sejumlah kontroversi yang sudah melewati batas antusiasme yang sehat dan, pada kesempatan tertentu, juga logika. Anda punya jutaan penggemar di seluruh dunia. Mereka melihat dan mengagumi pencapaian kalian di atas lintasan. Dan mereka juga amat menyimak apa perkataan kalian. Apa yang kalian lakukan dan katakan bisa memunculkan imbas yang tidak sejalan dengan nilai-nilai luhur olahraga kita ini."

"Atas nama Permanent Bureau, FIM, dan promotor Dorna, kami ingin mengingatkan bahwa ini merupakan satu-satunya organisasi olahraga dunia yang merancang regulasinya untuk salah satu Kejuaraan utamanya dengan kesepakatan bersama seluruh pihak. Itulah tugas dari Komisi Grand Prix, dengan FIM, Dorna, MSMA, dan IRTA seluruhnya diwakili."

"Kami tahu bahwa peraturan senantiasa bisa diperbagus, dan terkait hal itu, kami menegaskan bahwa setiap perubahan akan dilakukan dengan persetujuan semua yang terlibat. Sebagai tambahan dari Komisi GP, kami juga sudah membentuk Komisi Keselamatan, dengan para rider secara rutin dikonsultasikan mengenai masalah-masalah keselamatan. Di sini kita juga jadi pionir olahraga balap motor.

"Sekali lagi, kami ingin Anda semua menyadari bahwa kita berniat mempertahankan kebijakan pintu terbuka dalam mendengar opini dan mengizinkan Anda semua untuk berkontribusi dalam membuat Kejuaraan ini jadi lebih baik lagi. Kami ingin mempertegas, bahwa untuk tahun depan, perubahan akan dilakukan untuk mencegah hal seperti ini terulang lagi."

"Kami juga ingin mengingatkan kalian mengenai nilai-nilai dari olahraga kita: menjadi contoh, fair play, sportivitas, dan sopan santun. Para ofisial kami akan waspada penuh dalam mengamati fair play dan sikap sportivitas dari kalian semua dan bakal amat ketat terhadap pelanggaran macam apa pun dari peraturan olahraga kita. Kita harus mengingat bahwa kita menyelenggarakan dan melangsungkan olahraga di level profesional, bukan cuma karena menghibur dan nuansa luar biasanya, tapi juga demi memamerkan nilai-nilai yang kita yakini."

"Balapan berikutnya akan disiarkan langsung dan disimak oleh jumlah besar penggemar. Oleh karena itu di hadapan kita saat ini ada peluang emas untuk memperlihatkan kepada dunia nilai-nilai tertinggi dari olahraga kita, dan dalam berbuat begitu, memberikan contoh bagus. Kami juga ingin memastikan bahwa akhir pekan ini semua orang akan lebih memperhatikan apa yang terjadi di atas lintasan demi keuntungan olahraga kita. Terima kasih kepada Anda semua dan selamat menjalani balapan bagus!" beber pernyataan itu.