Featured Video

Minggu, 17 Juli 2016

Marquez Jadi Pemenang di Sachsenring


 Rider Honda, Marc Marquez, menjadi juara di seri MotoGP Jerman 2016. Pebalap asal Spanyol itu pun mengkokohkan posisinya di puncak klasemen pebalap.

Di Sachsenring, Minggu (17/7/2016) malam WIB, Marquez menjadi yang tercepat setelah menyelesaikan 30 putaran dalam waktu 47 menit 3,239 detik.

Ada di posisi dua adalah Cal Crutchlow dengan torehan waktu 9,857 detik lebih lambat dari Marquez. Sementara itu, Andrea Dovizioso ada di posisi ketiga dengan catatan waktu 11,613 detik dari pebalap yang berjuluk 'Baby Alien' itu.

Melengkapi posisi lima besar ada Scott Redding dan Andrea Iannone. Valentino Rossi yang sempat bersaing di untuk posisi terdepan, harus puas finis di posisi kedelapan.

Dengan tambahan poin penuh di MotoGP Jerman ini, Marquez kini ada di posisi pertama dengan raihan 170 poin. Dia berjarak 48 poin dari Lorenzo yang mendapatkan satu poin di balapan kali ini. Sementara itu, Rossi ada di posisi ketiga dengan raihan 111 poin.

Jalannya Balapan

MotoGP Jerman berlangsung dengan lintasan yang basah di awal balapan. Marquez yang menempati posisi start pertama bisa mempertahankan posisinya di tikungan pertama.

Sialnya, Marquez lalu bisa disusul oleh Rossi. Saat lap pertama selesai komposisinya ada Rossi di posisi pertama.

Di lap kedua, Dovizioso mampu menyalip Rossi. Pebalap Yamaha itu harus turun peringkat lagi usai didahului oleh Danilo Petrucci.

Di lap ketiga, Petrucci sukses menyalip Dovizioso. Di posisi pertama. Posisi Marquez terus melorot usai didahului oleh Jack Miller di saat balapan menyisakan 25 lap.

Tiga pebalap terdepan di balapan kali ini di dominasi oleh rider Italia sampai balapan berlangsung 23 putaran lagi. Petrucci, Dovizioso, dan Rossi yang menjadi tiga pebalap terdepan.

Jorge Lorenzo yang sempat mengeluhkan performa motornya saat balapan di lintasan basah, ada di posisi 13 hingga balapan masih menyisakan 22 lap.

Petrucci tergelincir di lap 10. Dia pun kehilangan posisi pertama balapan hingga harus menempati posisi kedua dari belakang. Marquez juga keluar lintasan di lap yang sama. Dia pun kembali ke balapan di posisi sembilan.

Dua lap berselang, petaka bagi Petrucci hadir. Dia akhirnya gagal melanjutkan balapan karena mesin motornya terbakar. Hector Barbera sukses mengambil alih posisi dua dari Rossi. Dia memenangi adu cepat menuju tikungan pertama.

Saat balapan tinggal menyisakan 13 lap, lintasan mulai mengering. Beberapa pebalap memilih untuk mengganti ban, sementara Dovizioso dan Rossi masih terus bertahan dengan pilihan bannya.

Rossi yang mendapatkan perintah untuk mengganti motor, mengabaikan order tim. Dia memaksa kendaraannya karena balapan cuma menyisakan sembilan lap. Dia ada di posisi kedua di belakang Dovizioso.

Saat balapan balapan tinggal menyisakan tujuh lap, empat balap terdepan mengganti motor. Miller kini ada di posisi pertama, disusul oleh Marquez. Dovizioso ada di posisi empat, Rossi ada di posisi tujuh.

Miller akhirnya mengganti motor kala balapan tinggal lima lap. Marquez pun kini ada di posisi terdepan. Hingga akhir balapan Marquez tak lagi terkejar, dia pun memenangi MotoGP Jerman. Kejelian saat memutusakan mengganti ban menjadi kunci kemenangan Marquez itu.

Hasil MotoGP Jerman 2016:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar