Featured Video

Minggu, 04 September 2016

VIÑALES LUAR BIASA,JUARAI MOTOGP



Rider Suzuki Ecstar Maverick Vinales berhasil keluar sebagai pemenang. Pebalap tuan rumah Cal Crutchlow merebut posisi kedua, dan Valentino Rossi ketiga.


Di Sirkuit Silverstone, Minggu (4/9/2016), balapan sempat dihentikan sementara di lap pertama menyusul kecelakaan antara Loris Baz dengan Pol Espargaro. Setelah restart, Vinales mendominasi balapan sepanjang 19 lap.

Itu menjadi kemenangan pertama Vinales sejak debut di balap motor kelas premier ini pada 2015. Sebelumnya posisi terbaik pebalap Spanyol itu finis podium ketiga di Le Mans, Prancis tahun ini.

Pertarungan sengit terjadi antara Marc Marquez, Valentino Rossi, Cal Crutchlow, dan Andrea Iannone. Pada akhirnya, Crutchlow mampu menyabet posisi kedua di depan Rossi.


Jalannya Balapan

Vinales langsung menyodok ke urutan terdepan setelah start. Diikuti Rossi, Crutchlow, dan Laverty. Tapi tak lama kemudian insiden itu terjadi.

Tepatnya di tikungan kedua Baz dan Espargaro bersenggolan yang mengakibatkan keduanya terseret ke luar lintasan. Red flag langsung dikibarkan sehingga para pebalap mesti kembali ke garasi masing-masing. 

Setelah itu mobil ambulans datang dan membawa Baz dan Espargaro ke luar lintasan sehingga balapan bisa segera dilanjutkan. 

Para pebalap kemudian melakukan warm-up lap kembali dan mengambil posisi awal saat restart.

Crutchlow mampu mempertahankan posisi terdepan diikuti Rossi, Vinales. Iannone berada di posisi kelima, Lorenzo kedelapan di belakang Pedrosa.

Tapi di lap kedua dari 19 lap yang tersisa, Vinales sudah mengambil alih pimpinan balapan. Marquez menyalip Crutchlow dan Rossi di posisi keempat. Vinales mampu membuka jarak 0,8 detik dengan Marquez.

Sebuah insiden kembali terjadi. Di lap ketiga, Redding crash di tikungan kedelapan. Namun, si pebalap dalam kondisi baik-baik saja.

Di lap keempat, jarak Vinales dengan Marquez bertambah besar menjadi lebih dari 1,6 detik. Rossi masih membayangi Crutchlow dan Iannone, Pedrosa, Dovizioso dan Lorenzo di belakangnya.

Rossi akhirnya mampu menyalip Crutchlow dan Marquez untuk merebut posisi kedua saat balapan memasuki lap keenam. Marquez ketiga, diikuti Crutchlow, Pedrosa, Iannone.

Vinales semakin jauh meninggalkan rival-rivalnya. Di lap ketujuh, pebalap Spanyol itu unggul 2,5 detik dari Rossi meskipun The Doctor tercatat sebagai pebalap tercepat di lintasan.

Crutchlow akhirnya mampu kembali ke tiga besar usai menyalip Marquez di tikungan kedua, lap kesepuluh. Sedangkan Iannone melewati Pedrosa untuk menempati posisi kelima dan Lorenzo masih terpuruk di peringkat sembilan di belakang Aleix Espargaro.

Marquez kehilangan posisinya setelah disalip Iannone di lap kesebelas sehingga turun ke urutan kelima. Pebalap Italia itu kembali menekan untuk menyalip Crutchlow di tikungan 11, lalu Rossi di tikungan pertama lap ke-12. Iannone kini hanya di belakang Vinales.

Salip-menyalip antara Iannone dan Rossi masih terjadi. Masih di lap yang sama Rossi kembali menyalip Iannone namun di tikungan pertama lap ke-13 kompatriotnya itu untuk mengamankan posisi kedua.

Di lap berikutnya, Crutchlow melewati Rossi. Marquez membayangi Rossi dan sempat melebar ke luar lintasan tapi masih mampu bertahan dalam balapan. Sayangnya, Iannone justru jatuh sehingga Crutchlow berhak atas posisi kedua.

Duel Rossi dan Marquez terus terjadi. Di sisa empat lap, Marquez di depan Rossi. Pedrosa kelima dibuntuti Dovizioso, Aleix Espargaro, dan Lorenzo.

Setelah dengan Rossi, Marquez kini berduel dengan Crutchlow di dua lap terakhir. Di posisi terdepan, Vinales unggul lebih dari 4 detik.

Di lap 18, Marquez kembali membuat kesalahan sehingga keluar lintasan. Posisinya di ambil alih Rossi yang kini menghuni posisi ketiga di belakang Crutchlow dan Marquez kelima.

Di lap terakhir, Marquez menyalip Pedrosa untuk merebut posisi keempat. Sedangkan posisi tiga besar dipastikan milik Vinales, Crutchlow, Rossi. 


Hasil Lengkap MotoGP Inggris 2016