Featured Video

Kamis, 23 Juni 2011

Tak Ada Penerangan, Jalan Raya Rawan Mesum dan Kecelakaan


PAYAKUMBUH, HALUAN — Sejumlah ruas jalan raya di Payakumbuh dan Limapuluh Kota hingga kini masih gelap tanpa penerangan jalan. Kondisi ini dimanfaatkan oleh pasangan muda-mudi untuk ‘berkasih-kasihan’ di pinggir jalan raya.
Kondisi ini bisa ditemui di ruas jalan Payobasung-Tanjung Pati dan ruas jalan Payakumbuh menuju Taram. Setiap sore hingga gelap sehabis magrib, tanpa risih muda-mudi tersebut nongkrong di pinggir jalan.
Pemerintah Kota Payakum­buh memang telah memasang lampu penerang jalan umum (PJU). Hanya saja, lampu jalan yang terpasang baru 24 unit.

“Ya, mau apa lagi, zaman sekarang budaya malu sudah tipis. Kita berharap pemerintah turun tangan memberantas tindakan amoral ini. Dengan pemasangan lampu jalan diharapkan bisa mengurangi aktivitas mereka,” ujar Emi, warga setempat pada Haluan, Selasa (21/6).
Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Payakum­buh Zulharman menga­takan, pemko berusaha untuk menam­bah lampu jalan di lokasi tersebut. Saat ini sudah ter­pasang 24 unit lampu penerangan di sepanjang jalan tersebut.
“Alhamdulillah, 24 unit PJU sudah kita pasang.  Barangkali, jumlah tersebut memang belum seberapa dan  belum mampu menjawab semua  permintaan warga.   Insyaallah, di tahun-tahun berikut­nya, jajaran Dinas PU akan kembali meng­ang­garkan untuk itu. Respon masya­rakat setelah PJU terpasang, sangat baik,” papar Zulharman.
Zulharman menyebutkan, pemasangan lampu jalan adalah bentuk respon Pemko Paya­kumbuh terhadap keluhan ma­syarakat, baik untuk memerangi maksiat, maupun  menye­la­matkan warga dari kecelakaan jalan raya.
Dari data di Polresta Pa­yakumbuh angka kecelakaan di jalan raya dalam Kota Paya­kumbuh akhir-akhir ini me­ningkat. Besar dugaan, fak­tornya akibat sejumlah ruas jalan gelap.
“Kita berharap dengan adanya lampu penerangan jalan di Payobasuang, angka ke­celakaan menurun,” sebut Ka­satlantas melalui Aiptu Apriman Sural beberapa waktu lalu. (h/il)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar