Featured Video

Kamis, 18 Agustus 2011

Siswa SMAN 5 Bukittinggi Juara Nasional Lomba Iptek


Bukittinggi, Singgalang
Ferdi Kurniawan dan Owie Kurnia Sandi, siswa SMAN 5 Bukittinggi menjadi juara II nasional lomba kreativitas Iptek tingkat SMA 2011 di Puspitek Serpong, Jakarta 9-11 Agustus lalu.
Adik- kakak tersebut menerima piagam dari Menristek, tropi dan beasiswa senilai Rp3,6 juta.
Ferdi Kurniawan siswa klas XII IPA dan Owie Kurnia Sandi kelas XI pada lomba yang diselenggarakan Kementerian Riset dan Teknologi berhasil mempertahankan makalah karya ilmiah Pemanfaatan Air Limbah Rendaman Tempe untuk Biogas.
Saat presentasi dan mempertahankan karya ilmiah tersebut di hadapan tim penguji, juga hadir langsung Menristek Suharna Supranta, Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan mantan Presiden B.J. Habibie yang juga mantan Menristek.
Ferdi Kurniawan yang tampil atas nama Sumbar harus mengakui keunggulan peserta dari SMK 1 Tegal Jateng yang berhasil menduduki posisi pertama. Sedangkan juara III SMA Tanjung Kabupaten Lombok Utara, NTB.
Kepala SMAN 5, Lasmita yang ditemui di ruang kerjanya Selasa (16/8) menyatakan, seleksi awal diikuti 26 peserta dari berbagai propinsi di Tanah Air.
Masing-masing peserta mengirimkan satu karya ilmiah. Dari hasil seleksi oleh tim penilai di pusat terpilih tujuh makalah, salah satunya atas nama Ferdi Kurniawan.
Ketujuh makalah trsebut kemudian dinilai lagi secara ketat dihadapan para tim penguji di pusat. “Alhamdulillah, siswa kita berhasil dan menempati urutan kedua nasional,” kata Lasmita.
Keikutsertaan Ferdi Kurniawan pada lomba kreativitas Iptek tahun ini di Jakarta didampingi oleh Gusneri, selaku guru pembimbing.
Sementara Owie Kurnia Sandi, adik Ferdi Kurniawan, bertindak selaku penerjemah, karena makalah tersebut juga dipresentasikan kepada para tamu dan peninjau dari berbagai negara.
Lasmita sangat bangga siswanya dapat tampil di pentas nasional. Tidak hanya tampil, peserta didiknya juga menunjukkan prestasi dan meraih juara kedua. Sukses itu diharapkan memotivasi para siswa yang lain untuk belajar sungguh-sungguh dan meraih prestasi di level lebih tinggi.
Sebagai apresiasi atas prestise yang disumbangkan kedua siswa, Lasmita menyerahkan reward dari SMAN 5 seniLai Rp500 ribu.
“Senang sekali karena kami telah berupaya maksimal,” ujar Ferdi menjawab Singgalang soal keberhasilan meraih juara II nasional pada lomba kreativitas Iptek dalam rangka hari kebangkitan teknologi nasional (Hakteknas) 2011.
Fredi yang bercita-cita jadi ahli kimia dan Owie jadi dokter menyampaikan kebanggaan dan rasa syukur atas keberhasilan itu, karena mereka satu-satunya peserta dari Sumatera.
Anak kedua dan ketiga dari pasangan H. Suheri dan Hj. Noni warga Koto Dalam Kelurahan Pulai Anak Air Bukittinggi ini sebelumnya juga sudah mengukir prestasi di lingkungan sekolah dan berbagai perlombaan tingkat kota Bukittinggi. (418)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar