Featured Video

Kamis, 08 September 2011

Minahasa Utara Tawarkan Wisata Air Terjun





MINAHASA UTARA, KOMPAS.com - Objek wisata air terjun Tunan yang berada di Desa Talawaan, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, ramai dikunjungi masyarakat pada libur Lebaran 2011.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Minahasa Utara Maximelian Tapada pada Minggu (4/9/2011), mengatakan sejumlah objek wisata di daerah itu menjadi lokasi kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.
"Setiap liburan, banyak tujuan wisata di Minahasa Utara dipadati pengunjung, sehingga memberikan dampak positif bagi daerah ini," katanya.   Para pengunjung tidak saja berasal dari masyarakat Kabupaten Minahasa Utara sendiri, tetapi juga berasal dari luar daerah, seperti Manado maupun Bitung. Tidak hanya warga lokal, turis mancanegara pun ada yang menyambangi objek wisata air terjun.
Para pengunjung ini pun memanfaatkan waktu liburannya dengan mandi di lokasi air terjun meskipun airnya sangat terasa dingin.
Tapada mengatakan, ada sejumlah objek wisata yang pengelolaannya dilakukan oleh swasta. Namun ada pula yang belum, sehingga ke depan semua objek wisata di Minahasa Utara pengelolaannya kian teratur.
Dalam waktu libur panjang Lebaran ini, kata dia, setiap hari hampir semua objek wisata penuh pengunjung, tanpa melihat tanggal merah dalam kalender.
"Karena saat ini masih dalam momentum libur Lebaran, sehingga masyarakat memanfaatkan dengan libur bersama Keluarga, ataupun berkelompok, berduaan maupun secara individu," kata Tapada.
Penarikan restribusi di sejumlah objek wisatapun sangat bervariasi, ada yang mengambil restribusi mencapai 30 ribu rupiah per kendaraan roda empat, ada 5 ribu rupiah per kendaraan roda empat. Sedangkan kendaraan roda dua ada yang mencapai 15 ribu rupiah, 2 ribu rupiah dan lain sebagainya, tergantung objek wisata yang dituju.
Penarikan restribusi ini, kata Tapada, sudah diatur dalam peraturan daerah. Ia menjelaskan objek wisata yang ada di Minahasa Utara sangat beragam, mulai wisata pantai, air terjun, objek wisata pegunungan, objek wisata alam, dan lain sebagainya.
"Seperti halnya objek wisata air terjun, itu terdapat di beberapa lokasi seperti Talawaan Kecamatan Dimembe, Kokoleh Dua Kecamatan Likupang Selatan dan tempat lainnya," kata Tapada.
Sedangkan wisata pantai ada yang di Pantai Surabaya Wineru Likupang Timur, pantai Firdaus Kema dan lainnya. Untuk objek wisata pegunungan yaitu Kaki Dian yang berada di kaki Gunung Klabat Airmadidi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar