Featured Video

Senin, 19 September 2011

Tiga Titik Tebing di Jorong Nanggai Lonsor


AGAM, HALUAN  — Akibat hujan berkepanjangan pekan lalu, tiga titik tebing di Jorong Batu Nanggai, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya longsor. Tidak ada korban jiwa dan rumah yang tertimbun akibat peristiwa longsor tersebut. Namun longsor telah menimbulkan tumpukan material di badan jalan, sehingga lalu lintas sempat terputus.
Menurut Kabag Humas Agam Monisfar S. Sos, Minggu (18/9) kemarin, pihak PU telah me­ngirim alat berat ke lokasi dan masih aktif menyingkirkan timbu­nan material yang menggunung. Titik longsor itu  berada di Batu Muriak dan satu titik lagi di Durian Rampak. Material yang dibawa longsoran berupa tanah, pasir, batu-batu besar dan batang kayu.

Selain menghimpit badan jalan, material longsoran juga me­nyumbat kolong jembatan yang ada, sehingga air melimpah ke badan jalan. Akibat jalan terputus, untuk sementara roda pereko­nomian masyarakat Tanjung Sani terganggu. Masalahnya, ruas jalan tersebut merupakan sarana trans­portasi utama untuk mengangkut hasil utama mereka yakni ikan ke pasar terdekat. Untuk keluar dari daerah longsor, masyarakat menggunakan jalan alternatif yang hanya dapat ditempuh dengan jalan kaki.
Jorong Batu Nanggai dan sekitarnya merupakan daerah rawan longsor dan telah ditetapkan sebagai daerah zona merah. Masyarakatnya  kini banyak yang tinggal di shelterhunian sementara yang dibangun di Sungai Batang. (h/ks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar