Featured Video

Minggu, 02 Oktober 2011

Google: Microsoft Peras Vendor Android



Ilustrasi (ist)
Jakarta - Kesepakatan lisensi Microsoft dengan beberapa vendor Android membuat Google panas. Google menuduh Microsoft memeras para vendor tersebut untuk menyokong bisnis smartphonenya yang tidak berkembang, dalam hal ini Windows Phone.
Fino Yurio Kristo - detikinet
Microsoft baru saja menandatangani kesepakatan lisensi dengan Samsung, setelah sebelumnya dengan HTC, Acer, ViewSonic dan lain-lain. Sebab, meski Android adalah buatan Google, ada paten Microsoft yang turut dipakai di dalamnya.

"Ini adalah taktik sama yang kami lihat dilakukan terus oleh Microsoft. Gagal sukses di pasar smartphone, mereka memilih langkah legal untuk memeras profit dari prestasi vendor lain dan merintangi inovasi. Kami tetap fokus membangun teknologi baru dan mensupport partner Android," demikian pernyataan Google.

Dikutip detikINET dari V3, Jumat (30/9/2011), kesepakatan lisensi dengan vendor itu membuat Microsoft mendapat bayaran untuk tiap handset Android terjual, konon kisarannya USD 5 sampai USD 10. Tak heran mereka mendapat jumlah besar uang dari Android meski tak turut campur secara langsung dalam pengembangannya.

Menyadari Android rentan dengan gugatan paten, Google sedang dalam proses mengakuisisi Motorola Mobility senilai USD 12,5 miliar. Belasan ribu paten Motorola di bidang mobile diharapkan memperkuat posisi Android.




( fyk / ash ) 



BERITA TERBARU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar