Featured Video

Selasa, 27 Desember 2011

Lucu, UI Kok Kisruh!


Jakarta - Tengah malam, dan wajah-wajah pun terlihat lelah. Tidak ada senyum lebar menghias muka orang-orang yang keluar dari ruang pertemuan di lantai 2 Gedung Utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Kamis, 23 Desember 2011, malam itu, di gedung utama Kemendikbud itu digelar pertemuan tertutup untuk menengahi kisruh Universitas Indonesia (UI). Hadir dalam mediasi itu tentu saja pihak-pihak yang bertikai, yakni Rektor UI Gumilar R Somantri, dan juga pihak Majelis Wali Amanat (MWA) UI Emil Salim cs. Setelah hampir empat jam, rapat tertutup yang dipimpin Mendikbud M Nuh itu akhirnya selesai pada pukul 23.30 WIB.

Satu per satu tokoh yang hadir keluar dari ruang pertemuan, sembari menunggu draft kesepakatan disusun dan ditanda-tangani. Tidak ada tawa, juga tidak ada satu katapun yang keluar dari mulut para peserta rapat. Semua pihak berusaha menahan diri.

Gumilar yang menjadi salah satu bintang drama ini terlihat masih tersenyum, tapi terkesan dipaksakan. Meski demikian ia tetap membantah tidak suka dengan keputusan mediasi malam itu. "Ah jangan memancing-mancinglah , itu jalan tengah terbaik yang bisa dicapai," tukasnya.

Sementara Emil Salim, anggota MWA UI yang selama ini lantang menyuarakan kritik terhadap Gumilar, lebih santai. Ia bahkan sempat mengabadikan akhir dari proses mediasi itu dengan kamera poketnya. Namun demikian ia menghindar saat dimintai tanggapan tentang hasil pertemuan malam itu. “Sudah-sudah, tanya Pak Menteri,” ujar Emil sambil menghindar.

*****


Tulisan lengkap 'UI Kok Kisruh' bisa anda baca di Majalah Detik. Selain Fokus yang mengulas lengkap 'Kisruh UI', Majalah Detik juga menyajikan artikel lainnya yang tidak kalah menarik antara lain rubrik nasional yang membahas 'Ipar SBY Terseret Century', rubrik kriminal 'Lagak Koboi Mantan Kapolda', dan rubrik insan 'Brotoseno-Angelina Sondakh Segera Menikah?'.

Untuk aplikasinya bisa di-dowload di apps.detik.com dan versi pdf bisa di-download via detikcom dan detiknews.


(iy/iy) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar