Featured Video

Minggu, 11 Desember 2011

SAWAHLUNTO KEMBALI RAIH PENGHARGAAN PARIWISATA


SAWAHLUNTO,Kota Sa­wahlunto kembali raih peng­hargaan dari Kementerian Pari­wisata dan Ekonomi Kreatif. Dalam ajang Indo­nesia Tourism Award 2011, yang digelar di studioMetro TV, Kamis (8/12) malam, Sawah­lunto dianugerahi peng­hargaan khusus atas pengembangan pa­riwisata yang dilakukan ‘Kota Arang’ itu.

Penghargaan khusus pariwisata yang diterima Sawahlunto dan Pangkalpinang, Bangka Belitung tersebut, langsung diserahkan kepada Walikota Sawahlunto, Amran Nur dari Menteri Pari­wisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pengestu.
“Alhamdulillah, penghargaan ini didapatkan atas berkat kerja keras semua pihak dan dukungan dari semua elemen masyarakat,” ungkap Amran Nur kepada Haluan, di sela-sela pembukaan pacuan kuda Sawahlunto Derby, Sabtu (10/12).
Amran mengaku sangat bangga dengan penghargaan tersebut. Penghargaan ini, menurutnya juga merupakan kebanggaan masyarakat Sawahlunto, atas pembangunan sektor pariwisata sendiri. “Special Award ini tidak lepas dari kerja keras, kesungguhan dan perhatian semua komponen yang berada di garis depan dalam melayani wisatawan dengan baik, juga seluruh stakeholder, pemerintah kota dan pelaku wisata yang ada,” terang Amran.
Mari Elka Pangestu mengatakan, penghargaan yang diberikan pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kali ini, bekerja sama dengan Majalah SWA, yang bertindak selaku penyelenggara survei. Survei sendiri dilaksanakan di 25 kota. Kota-kota yang terpilih merupakan daftar kota dengan pendapatan domestik regional bruto (PDRB) di bidang pariwisata terbesar.
Selain survei, juga dilakukan focus group discussion (FGD). Sedikitnya ada 60-90 wisatawan yang kita survei di setiap kota, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan Nusantara.Survei dilakukan terhadap 1.500 wisatawan yang terdiri atas 1.350 wisatawan Nusantara dan 150 wisa­tawan mancanegara. Juga melibatkan 100 responden dari kalangan profesi­o­nal dan eksekutif. Aspek yang dinilai antara lain kebersihan, informasi wisata, kewaja­ran biaya, promosi, keragaman obyek, keamanan, keu­nikan obyek, dan tidak lupa kera­mahan masyarakat setempat.
Sementara itu, Amran Nur mengatakan, tahun 2012 mendatang sektor pariwisata Sawahlunto akan terus bergerak maju, dengan keha­diran icon pariwisata baru. Sawah­lunto akan memiliki objek wisata pertama di Pulau Sumatera, yakni kereta gantung atau sky lift.
Sky lift tersebut, direncanakan akan melintasi pusat kota Sawah­lunto, yang menyerupai kuali tersebut. “Insya Allah, jika tidak ada aral me­lintang, sky lift akan berdiri megah di Sawahlunto. objek ini, hanya satu-satunya untuk kawasan pulau Suma­tera,” terang Amran.
Sebelumnya, kerja keras mem­bangun sektor pariwisata yang dilakukan Pemerintahan Kota Sawahlunto juga ‘diganjari’ The Best Achievement Award, pada akhir september silam.
Penghargaan tersebut merupakan wujud dari keseriusan daerah dalam pengembangan pariwisata terbaik itu. Penghargaan itu diberikan langsung Menteri Budaya dan Pariwisata, yang masih dijabat Jero Wacik, kepada Walikota Sawahlunto, Amran Nur, di Mangga Dua Square.
“Keseriusan Sawahlunto dalam mengembangkan pariwisata, ternyata mendapat sorotan dari segala penjuru. Semoga kerja keras ini akan terus membuahkan hasil, dalam memba­ngun perekonomian masyarakat Sawahlunto,” tambah Amran.(h/dil)(haluan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar