Featured Video

Senin, 05 Desember 2011

TVRI SUMBAR SIARAN LANGSUNG-Robby-Amalia Uda Uni Sumbar 2011

PADANG - Amalia Rahayu Irdam, Uni Duta Wisata Sawahlunto dan Abdul Robby Azhadi, Uda Duta Wisata Kota Padang, pada malam grand final pemilihan Uda Uni Sumbar yang berlangsung di Hotel Pangeran’s Beach, Padang, Sabtu (3/12), dinobatkan sebagai Uda Uni 2011.

Dalam acara yang pekat dengan nuansa seni budaya Sumatra Barat itu, Amalia dan Abdul Robby Azhadi yang akrab disapa Robby ini berhasil menjadi yang terbaik dari 38 pasang Finalis Uda-Uni dari seluruh kabupaten dan kota. Dari 38 pasang itu kemudian menciut menjadi 10 pasang yang berhasil masuk grand final.
Selain mereka, juga terdapat sejumlah pemenang, yakni Randi Prayengki (50 Kota) dan Remiza Ivonna (Payakumbuh) sebagai Uda Uni I, Leo Swanri Bago (Mentawai) dan Nadia Oktarina (Agam) sebagai Uda Uni Wakil II, Ari Fuad Fajri (Payakumbuh) dan Septia Melinda (Kab. Solok) sebagai Pemenang Harapan I Uda Uni, Doni Mandarta (Padang Panjang) dan Steffi Olivia (Bukittinggi) sebagai Pemenang Harapan II Uda Uni, Jumadi Yasser (Pasaman) dan Ignasia Sari Isniati (Mentawai) Pemenang Harapan III Uda Uni.
Di samping itu, dewan juri yang terdiri Yuliandre Darwis,Ph.D (Ketua), Dr. Rahmi Fahmi (anggota), H. Asnawi Bahar (anggota), Buya Mas’oed Abidin (anggota), En Shirikie (anggota), Aines Ade,MM (anggota) , Soesilo Abadi Piliang (anggota) juga memilih pemenang Uni Uda Favorit, yang jatuh pada pasangan Uni Uda Pessel, Ririn Sladita dan Deri Oktaviandi. 
Seluruh pemenang mendapatkan hadiah berupa tropi, uang tunai sejumlah hadiah dari sponsor, dan bingkisan serta voucher berlangganan gratis dari Harian Singgalang. Khusus pasangan Uda Uni Sumbar 2011 mendapatkan tropi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 
Selain itu, juga terdapat pemenang Uni Uda Favorit versi pilihan pembaca Harian Singgalang, gelar itu diraih Ignasia Sari Isniati (Mentawai) dan Robbei Adi Primula (Kab. Solok). Masing-masingka men dapatkan hadiah dari Singgalang berupa televisi berwarna, voucher berlangganan gratis, serta bingkisan. 
Dalam acara ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Krea tif yang diwakili Raseno Arya mengharapkan, seluruh pemenang Uda Uni Sumbar 2011 dapat menjadi ujung tombak untuk mempromosikan pariwisata, baik dalam skala regional, nasional maupun internasional. Raseno juga berharap, keberadaan mereka dapat memperkokoh Sumbar sebagai kawasan destinasi di wilayah Indonesia Bagian Barat dan menyukseskan Sumbar sebagai penyelenggara Tour D’ Singkarak pada masa mendatang.
Ny. Vita Gamawan, Ketua Penggerak PKK Pusat mengatakan, saat dirinya menjadi Ketua Panasihat Ikatan Uda Uni Duta Wisata Sumbar, pihaknya sangat mendukung kegiatan duta wisata tersebut. “Fasilitas harus diberikan, agar mereka dapat berkarya sebagai duta wisata dan melakukan hal-hal yang bermanfaat di bidang seni budaya, pariwisata, serta pendidikan,” katanya.
Dalam acara yang disiarkan langsung selama empat jam oleh TVRI Sumbar, yang dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumbar Burhasman Bur itu, Kepala LPP TVRI Sumbar H. Barlin H Mahmud, Ketua Dekranasda Sumbar Hj. Nevi Irwan Prayitno, keberadaan mereka ini dapat bermanfaat bagi penguatan pengembangan pariwisata yang berbasiskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. (008) (Singgalang)