Featured Video

Senin, 04 Juni 2012

250 Pembalap Siap Berlaga di Tour de Singkarak 2012


Sapta Nirwandar (tengah) didampingi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memukul gendang tanda peluncuran Tour de Singkarak (TdS) 2012.
Jakarta (Paradiso) – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar bersama Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno meresmikan peluncuran Tour de Singkarak (TdS) 2012 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Parekraf, Senin (14/5).

Penyelenggaraan TdS 2012 yang merupakaan kali keempat ini diikuti 250 pebalap dari 17 negara yakni Jepang, Iran, Singapura, Australia, Uzbekistan, Ukraina, Kirgiztan, Rusia, Cina Taipei, Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Brunei, Selandia Baru, Prancis, Vietnam, Malaysia, dan tuan rumah Indonesia.
Acara peluncuran itu menandai siap digelarnya perhelatan akbar lomba balap sepeda internasional TDS 2012 yang diselenggarakan di Sumatera Barat (Sumbar) pada 4 – 10 Juni 2012 mendatang. Perhelatan bertema Sport Tourism yang telah menjadi agenda tahunan Union Cycliste Internationale (UCI) ini bukan hanya diramaikan oleh 18 tim pebalap internasional, melainkan juga para wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Sumbar untuk menyaksikan lomba serta menikmati keindahan alam dan budaya Minang.
Tour de Singkarak (TDS) 2012 akan melombakan 7 etape yang berjarak total 854 km, melewati 14 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Ketujuh etape tersebut adalah; Etape 1 Sawahlunto – Sawahlunto, Etape 2 Muara Sijunjung – Lembah Harau, Etape 3 Payakumbuh – Istana Basa Pagaruyung, Etape 4 Sicincin Anai Golf – Bukittinggi, Etape 5 Padang Panjang – Singkarak, Etape 6 Pariaman – Painan dan Etape 7 Padang Circuit Race.
 Sebanyak 14 Kabupaten dan Kota  terlibat dalam perhelatan ini yakni; Kota Padang, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten 50 Kota, Kota Payakumbuh, Kabupaten Tanah Datar, Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang, Kabupaten Solok, Kota Solok, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman dan Kabupaten Pesisir Selatan.
Sapta Nirwandar dalam sambutannya mengatakan, salah satu tujuan dari penyelenggaran Tour ini adalah untuk meningkatkan citra pariwisata Indonesia, khususnya Sumatera Barat, yang telah mendapat sambutan hangat dari mancanegara.
“Penyelenggaraan TDS 2012 yang merupakan kali keempat  ini diikuti 18 tim pembalap internasional, mereka akan  memperebutkan hadiah menarik berupa uang  dengan total sebesar Rp 1 miliar,” ujarnya.
Sapta  juga menjelaskan, Kemenparekraf tahun ini kembali mengundang Amaury Sport Organization (ASO), penyelenggara Tour de France, salah satu lomba balap sepeda internasional terbesar di dunia, untuk hadir dan memberikan masukan terhadap penyelenggaraan TDS 2012. “Pada tahap persiapan,  ASO bersama Kemenparekraf, PB ISSI, dan Pemprov/Pemkot/Pemkab Sumbar terlibat aktif dalam pembuatan rancangan rute etape TDS 2012,” kata Sapta. 
Sebanyak 18 tim balap internasional ikut ambil bagian dalam ajang ini yakni Asian Racing Team, Azad University Cross Team, OCBC Singapore Continental Cycling Team, Genesis Wealth Advisers Pro Cycling Team, Uzbekistan Suren Team, Eddy Hollands Bicycle Services, Tabriz Petrochemical Team, Colossi Miche Team, Australian National Team, Budget Forkliftd, serta dua tim lain yang masih dalam konfirmasi.
Sementara itu, tim nasional yang turut serta dalam lomba itu adalah Polygon Sweet Nice, Araya, Putra Perjuangan, Warung Sego Penyetan, Custom Cycling Club, Binong Baru Club Pessel, dan Sumatera Barat.
 Penyelenggaraan TDS 2012 mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Sumbar dan 14 Kabupaten/Kota yang menjadi lokasi penyelenggaraan acara. Partisipasi dan dukungan Pemda Sumbar meliputi hadiah lomba, liputan media daerah, perbaikan infrastruktur jalan, perbaikan sarana dan prasaran lokasi start & finish serta perlengkapannya, penyelenggaraan jamuan makan, pengamanan kegiatan dan pengaturan lalin serta penyediaan cinderamata. (*)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar