Featured Video

Senin, 04 Juni 2012

Memacu Sepeda dari Sawahlunto


KOMPAS/HENDRA A SETYAWANLokomotif uap Mak Itam menarik gerbong berisi pebalap dan ofisial yang berlaga di Tour de Singkarak 2012 menuju start etape pertama di Sawahlunto di tepian Danau Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Minggu (3/6/2012). Etape pertama yang dilaksanakan 4 Juni, berlangsung di Sawahlunto menempuh jarak 77,6 kilometer.


 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu secara resmi membuka Etape I Tour de Singkarak (Tds) 2012, Senin (4/5/2012). Etape I Sawahlunto-Sawahlunto berjarak total 77,6 kilometer. Sebagai titik start adalah Taman Segitiga, Sawahlunto. Pebalap kemudian menuju daerah Silungkang, Sijunjung, Muara Sijunjung, kembali ke Silungkang dan berakhir lagi di Sawahlunto.
Seperti termuat dalam siaran pers, Mari menyampaikan bahwa Tour de Singkarak (TdS) adalah suatu paduan menarik dan strategis antara gelaran olahraga balap sepeda taraf internasional dengan promosi pariwisata. Hal tersebut merupakan bagian dari program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk meningkatkan jumlah dan kualitas wisatawan mancanegara (wisman).
Selain itu, lanjutnya, ajang tersebut juga dapat mengembangkan destinasi alternatif di luar Bali dan pengembangan wisata minat khusus yaitu olah raga. Menurut Mari, walaupun terjadi ketidakpastian dan perlambatan pertumbuhan perekonomian dunia, jumlah wisman Januari-April 2012 sudah mencapai 2.529.896 atau tumbuh 8,9 persen dibanding tahun lalu. Pertumbuhan tersebut masih relatif baik mengingat bahwa pertumbuhan pariwisata global berkisar 4-5 persen.
Pada pembukaan TdS 2012, Mari didampingi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Ketua PB ISSI Edmound JT. Simorangkir serta Wali Kota Sawahlunto Amran Nur.
TdS 2012 merupakan kali keempat ajang balap sepeda internasional yang dilaksanakan di Sumatera Barat. Pebalap sepeda dari 18 negara serta pendukungnya akan menjelajahi keindahan alam Sumatera Barat serta akan menikmati seni budaya, kuliner dan keramahan masyarakat setempat.
TdS 2012 terdiri dari 7 etape atau tahap yang berjarak total 854 km, melewati 14 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat dan dilaksanakan selama 7 hari, dari tanggal 4 sampai 10 Juni 2012. Ketujuh etape dimulai dari Sawahlunto dan berakhir di Padang.
Ketujuh tahap terdiri dari: Etape 1 Sawahlunto-Sawahlunto, Etape 2 Muara Sijunjung-Lembah Harau, Etape 3 Payakumbuh-Istana Basa Pagaruyung, Etape 4 Sicincin Anai Golf-Bukittinggi, Etape 5 Padang Panjang-Singkarak, Etape 6 Pariaman-Painan, dan Etape 7 Padang Circuit Race.
Dari tahun ke tahun, jumlah kabupaten/kota yang ikut meningkat dari 4 di tahun 2009 menjadi 12 di tahun 2011, dan 14 di tahun 2012. TdS 2012 diikuti oleh 250 pebalap sepeda dari 18 negara, 16 tim internasional dan 7 tim nasional.

http://travel.kompas.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar