Featured Video

Senin, 25 Juni 2012

Alonso menang di Valencia walau start di posisi 11

Fernando Alonso merupakan pembalap pertama yang memenangkan dua balapan musim ini setelah meraih kemenangan di Grand Prix Eropa di Valencia.


Pembalap Ferrari ini start pada posisi 11 namun berhasil memperbaiki posisi ke peringkat empat sebelum mobil pengaman (safety car) ke luar karena puing-puing akibat kecelakaan yang menyebar di jalanan.

Alonso berhasil meningkatkan posisinya setelah pembalap McLaren, Lewis Hamilton, menghadapi masalah saat mengganti ban di pit-stop. Dia kemudian memotong Romain Grosjean dan mencapai garis finish pertama setelah Sebastian Vettel terpaksa menghentikan balapan.

Di tempat kedua adalah Kimi Raikkonen dari Lotus berhubung Lewis Hamilton -yang tadinya di tempat kedua- berhenti karena mobilnya ditabrak pembalap William, Pastor Maldonado. Insiden itu terjadi hanya dua putaran menjelang balapan usai.

Kekacauan pada putaran-putaran terakhir itu membuat Michael Schumacher dari Mercedes berhasil finish di tempat ketiga, yang merupakan posisi podium pertama baginya sejak turun kembali tahun 2010.

Mark Webber dari Red Bull berhasil meraih tempat keempat walaupun memulai balapan di posisi 19.

Vettel berhenti

Balapan di jalanan Valencia tahun ini merupakan yang paling dramatis karena berbagai insiden dan penampilan Alonso yang prima membuatnya meraih juara, walau juga ada faktor keberuntungan berhubung Vettel berhenti pada lap-35 karena masalah mesin. 

Bagaimanapun komentator BBC yang juga mantan pembalap F1, David Coulthard, memuji penampilan Alonso.

"Benar-benar pembalap kelas dunia dan kekecewaan besar buat Hamilton karena sentuhan oleh Maldonado, yang menabraknya setelah menyetir meluas."

Sementara Vettel mengatakan masih belum tahu persis yang terjadi, setelah dia memimpin balapan dari sejak awal sebelum berhenti pada lap-35. 

"Terus terang kami belum tahu saat ini (apa yang terjadi). Saya kehilangan kendali ketika masuk ke Belokan 17 dan harus memberi jalan kepada orang lain. Mesinnya terhenti dan mati," tutur Vettel.

Dengan kemenangan di Valencia, Alonso memimpin klasemen sementara dengan 111 angka disusul Mark Webber dengan 91 angka dan Lewis Hamilton mengumpulkan 88 angka.

Sebelumnya di Valencia, Alonso juga mencatat kemenangan di GP Malaysia. 

( bbc / bbc ) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar