Featured Video

Senin, 25 Juni 2012

Lagi, Akuisisi Instagram oleh Facebook Diusik



Instagram (Karen Bleier/AFP/Getty Images)
London, Inggris - Pembelian Instagram oleh Facebook senilai USD 1 miliar dikhawatirkan bakal membuat pengguna tak lagi bisa mengupload fotonya dari aplikasi tersebut ke situs lain.

Ada kemungkinan juga, situs jejaring raksasa itu melarang aplikasi lain untuk mengupload fotonya ke Instagram. Itulah kenapa sebuah investigasi dilancarkan oleh Office of Fair Trading (OFT) di Inggris, demikian seperti dilansir detikINET dari Guardian, Senin (25/6/2012).

Langkah pencaplokan aplikasi foto populer itu oleh Facebook memang tidak berjalan mulus. Selain OFT, sebelumnya Facebook juga harus menghadapi investigasi di Amerika Serikat.

Investigasi ini datang dari Federal Trade Commission di mana mempertanyakan hal serupa, yakni terkait persaingan antar aplikasi berbagi foto dan situs jejaring sosial.

Dalam peryataannya, Facebook buka suara. "Kami akan terus bekerja sama dengan OFT dan bakal menjawab semua pertanyaan yang muncul," demikian tukas perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini.

Instagram meraup kesuksesan saat ia dirilis di iOS. Sentuhan vintage di foto dipadu dengan kemudahan berbagi tak bisa disanggah menjadi daya pikat utama aplikasi yang bermula dari startup ini.

Dengan jumlah anggotanya yang terus bertambah, Facebook pun terdorong untuk membelinya. Namun seperti disebutkan di atas, belakangan aksi akuisisi ini memicu penyelidikan.

OFT sendiri tidak serta merta bisa menginvestigasi Facebook. Sebelum bisa mengeluarkan keputusan atas akuisisi besar itu, OFT harus memastikan terlebih dahulu bahwa mereka memiliki yurisdiksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar