Featured Video

Selasa, 12 Juni 2012

Gempa Guncang Afganistan, 80 Tewas



Dua gempa mengguncang wilayah Provinsi Baghlan, Afganistan dan mengakibatkan tanah longsor.
Lebih dari 80 orang dikhawatirkan tewas setelah tanah longsor yang dipicu dua gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter mengguncang Provinsi Baghlan di kawasan utara Afganistan.


"Ini adalah sebuah bencana kemanusiaan. Satu desa hilang seluruhnya," kata seorang pejabat Provinsi Baghlan kepada BBC.

Akibat gempa tersebut sebagian dinding gunung runtuh dan mengubur lebih dari 23 rumah di sebuah desa di distrik Borka.

Sementara itu Kepala Kepolisian setempat Brigadir Jenderal Asadullah Sherzed seperti dikutip kantor berita Pajhwok mengatakan kerusakan parah diderita desa Mullah Jan. Sherzad meminta pemerintah pusat segera mengirimkan bantuan untuk mencari korban yang tertimbun reruntuhan.

Para sukarelawan, lanjut Sherzad, terus berupaya menggalil reruntuhan dengan menggunakan sekop, kapak hingga tangan telanjang mencari korban selamat.

Korban selamat

Sejauh ini baru ditemukan dua korban selamat dari seluruh desa yang tertimbun. Mereka seorang warga bernama Juma Khan dan Samad, seorang pelajar. Khan selamat karena pada saat bencana terjadi dia tengah berada di desa lain untuk menggiling gandum. Sedangkan Samad tengah bersekolah di desa tetangga saat tanah longsor menghantam desanya.

Sementara itu, Kepala Badan Manajemen Bencana Alam Afganistan di Baghlan, Nasir Kohzad, mengatakan telah mengirim tim penyelamat ke lokasi bencana termasuk ke distrik-distrik lain yaitu Nahrin, Jalga dan Gudz.

Gempa berkekuatan 5,4 dan 5,6 dalam skala Richter mengguncang pada pukul 9.32 waktu setempat dan dirasakan hingga di ibukota Kabul. Pusat gempa ini berada di Pegunungan Hindu Kush sebelah utara Provinsi Badakhstan.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar