Featured Video

Kamis, 14 Juni 2012

Jerman memastikan tempat di delapan besar

Belanda dan Jerman tampak memulai pertandingan dengan berhati-hati dengan menata serangan dari lapangan tengah hingga ke depan.


Bagi Belanda kekalahan secara praktis akan menyingkirkan mereka dari Piala Eropa 2012 -walau di atas kertas masih punya peluang amat kecil- sementara kemenangan buat Jerman memastikan tempat di babak kedua.

Beberapa peluang Belanda awal di babak pertama tidak sampai membuahkan gol, termasuk ketika Van Persie menendang dari dalam kotak penalti namun tidak sampai membobol gawang yang dijaga Manuel Neuer.

Belanda lebih banyak menguasai bola pada menit-menit awal dengan serangan sebagian besar yang mengandalkan gerakan dan umpan dari Arjen Robben.

Jerman juga menciptakan beberapa peluang, antara lain tendangan Sami Khedira yang hanya mengenai tiang gawang.

Dua gol Gomez

Pada menit ke-24 Jerman yang berhasil menciptakan gol pertama lewat kaki Mario Gomez yang memgambil umpan dari Bastian Schweinsteiger dan memutar badan sedikit sebelum menendang bola masuk ke dalam gawang yang dijaga Maarten Stekelenburg.

Beberapa pemain Belanda tampak mengangkat tangan dan mengira Gomez dalam posisi offside, namun hakim garis tidak mengangkat bendera.

Pengamat sepakbola BBC, Mark Lawrenson, yang menyaksikan pertandingan di Kharkiv memuji gol Gomez.

"Ini tembakan yang hebat, sentuhan hebat dan dia cuma meneruskan bola ke dalam jaring. Kualitas tinggi," kata Lawrenson.

Di menit 36 Jerman nyaris menambah angka kemenangan ketika Holger Badstuber menyundul bola dengan cepat ke arah gawang namun dengan cepat pula ditangkis oleh Stekelenburg.

Menit ke 37 Gomez melepas tembakan sambil berlari masuk dari sebelah kanan kotak penalti setelah menyambut umpan rapi dari Schweinsteiger. Tendangan lambung yang ke sudut gawang tidak terjangkau oleh Stekelenburg.

Serangan yang menciptakan gol ini berasal dari tendangan jauh kiper Neuer ke sayap kanan dan diambil Gomez yang mengoper ke Thomas Mueller dan meneruskan ke Schweinsteiger, yang mengembalikan bola kepada Gomez.

Van Persie mencetak gol

Memasuki babak kedua, manajer Belanda, Bert van Marwijk, menurunkan Rafael van der Vaart untuk menggantikan Mark van Bommel dan Klaas-Jan Huntelaar sebagai pengganti Ibrahim Afellay.

Di menit 71, manajer Jerman, Joachim Loew, menarik Gomez dan menggantinya dengan Miroslav Klose.

Satu menit kemudian, Robin van Persie akhirnya memperkecil ketinggalan lewat tendangan kerasnya ke sudut gawang dan kiper Neuer tidak mampu menangkisnya.

Walau Belanda terus menyerang dengan beberapa beberapa peluang berbahaya namun tidak sampai menciptakan gol tambahan.

Sementara Jerman lebih memilih untuk mengulur waktu dan Jerome Boateng mendapat kartu kuning dari wasit Jonas Eriksson asal Swedia karena membuang-buang waktu. Dengan demikian Boateng tidak bisa turun dalam pertandingan terakhir melawan Denmark karena sudah mengantungi dua kartu kuning.

Di atas kertas Belanda memang masih punya peluang untuk tetap lolos ke babak kedua dengan catatan menang melawan Portugal dalam pertandingan terakhir dengan selisih gol yang besar, sementara Jerman mengalahkan Denmark.

Namun secara praktis kemungkinan itu kecil mengingat Portugal akan berupaya untuk meraih kemenangan atas Belanda untuk merebut tempat kedua di Grup B dan lolos ke delapan besar.

( bbc / bbc ) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar