Featured Video

Minggu, 24 Juni 2012

KEINDAHAN DI SELATAN-PUNCAK LANGKISAU DAN PANTAI CAROCOK



Rugi rasanya bila anda tidak menyempatan diri berkunjung ke kawa­san objek wisata Puncak Bukit Langki­sau (Langkisau Hill), dan Pantai Carocok di Pesi­sir Selatan.

Daerah ini   menawarkan keunikan dan keindahan alam yang mempesona ka­rena memiliki kekayaan alam tiga demensi yaitu kota, laut dan hutan  dan patut di­jadikan agenda dalam me­ngisi waktu senggang.
Objek wisata  ini semakin hari semakin tercelak, karena telah dilengkapi dengan ber­bagai fasilitas yang membuat masyarakat nyaman dan puas. Hal inilah yang membuat ramai dikunjungi  oleh ber­ba­gai lapisan masyarakat yang datang dari berbagai daerah.
Apalagi tak sulit men­capai kwasan tersebut. Pa­salnya  berada di pinggir Kota Painan, atau keting­gian sekitar 500 meter dari permukaan laut. Sedangkan kawasan wisata Pantai Carocok juga berada di ba­wah kaki bukit tersebut.
Daerah ini ini juga dileng­kapi fasilitas pakir kendaraan yang memadai, bangunan pondopo tempat peristiraha­tan bagi pengunjung, restoran dan wa­rung berbagai jenis makanan.
Dari puncak Bukit Lang­kisau akan terihat banyak pulau-pulau kecil  yang berjeja­ran di tengah laut dan yang menak­jubkan, garis pantai yang membentang  sepanjang 7 kilo­me­ter dari arah Sago sampai  pelabuhan Panasa­han. Kemu­dian  juga  terlihat pemukiman penduduk yang tertata rapi, dan sungai yang berliku-liku akan membuat masyarakat terpukau menyak­si­kannya.
Di puncak Bukit Langki­sau tersebut anda juga dapat menyaksikan keindahan Kota Painan, apalagi di malam hari dengan lampu yang berwarna warni terpancar dari berbagai sudut kota. Menjelang senja anda juga dapat menyaksikan mata hari terbenam (sunset).
Yang tidak kalah menarik di puncak Bukit Langkisau ini dipersiapkan sebagai landa­san pacu  bagi pencandu terbang paralayang
Beberapa aktivitas lain, pengunjung juga dapat mengu­na­kan jalur khusus  bagi yang hobi olahraga  mendaki bukit dengan  berjalan kaki menuju puncak Bukit Langkisau dengan waktu tempuh sekitar 60 menit. Olahraga ini  untuk mengeluarkan keringat  dan membakar lemak dalam men­jaga kesehatan
Bupati Pessel Nasrul Abit mengatakan, Pemda Pes­sel akan fo­kus untuk pe­ngem­ba­ngan pem­ba­ngu­nan wi­sata dalam upa­ya pe­ning­­katan per­­tum­buhan eko­­no­mi ma­­sya­rakat, karena de­ngan me­ning­katnya kunjungan wi­sawatan secara oto­matis akan banyak ter­buka lapa­ngan kerja se­per­ti, ber­bagai hasil  pro­duksi ke­ra­jinan ma­sya­rakat akan dapat dijual ke­pa­da pe­ngun­jung, dan a­k­an tum­buh usa­ha lain yang men­da­tang­kan hasil
Di Pan­tai Carocok Pai­nan juga ter­dapat  pu­­sat per­be­lan­ja­aan keraji­nan rak­yat, pa­kaian dan la­innya. Ke­mu­dian pe­ngunjung ju­ga akan da­pat me­nik­mati alam pantai yang mempesona mulai dari Pelabuhan Panasahan sampai ke Pulau Cing­kuk, salah satu pulau kecil yang se­lalu  di­li­rik pe­ngun­jung karena di lo­kasi ini ter­dapat Ben­teng Por­tugis pe­ning­galan seja­rah yang  tetap dilestarikan. (m joni)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar