Featured Video

Senin, 06 Agustus 2012

PERGURUAN TINGGI TERBAIK-UNAND DAN UNP MASUK 50 BESAR DI INDONESIA


Univer­sitas Negeri Padang (UNP) dan Universitas Andalas (Unand) masuk dalam 50 universitas terbaik di Indonesia versi webo­metric edisi Juli. Berdasarkan situs webometric, UNP mendapat peringkat 50 dan Unand menda­pat peringkat 27. Pada edisi Januari, UNP tidak masuk 50 besar, begitu juga Unand sebe­lum­nya memperoleh peringkat 38.

Secara keseluruhan menurut rangking dunia, UNP berada pada posisi 3.725, dan Unand berada pada posisi 1.751. Jumlah pergu­ruan tinggi (PT) di Indonesia yang masuk pemeringkatan sejumlah 361 PT. Sedangkan jumlah PT di dunia lebih dari 20 ribu.
Pada edisi Juli ini beberapa penilaian berubah. Penilaian meliputi, Presence (20%), Impact (50%), Openness (15%), dan Excellence (15%). Presence meru­pakan jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files. Impact merupakan jumlah ekster­nal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertang­kap oleh mesin pencari (Google).
Openness merupakan jumlah file dokumen yang online atau open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar). Sementara,Excellence merupakan jumlah artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersang­kutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking (tahun 2003-2011) dan di Google Scholar (tahun 2007-2011).
Penilaian ini mencakup se­mua aspek. Menurut Humas UNP, Amril Amir, ini merupakan sebuah kebanggaan bagi UNP. Sebagai kampus yang memiliki jumlah mahasiswa terbanyak di luar pulau Jawa, dan sarana kampus seadanya, UNP mampu meraih prestasi seperti ini.
Terkait e-jurnal kedua univer­sitas ini memang belum mene­rapkan secara maksimal aturan tersebut kepada maha­siswa untuk mempublikasikan karya ilmiah­nya. Publikasi melalui e-jurnal ini memerlukan beberapa tahapan. Di Unand sendiri, fakultas teknik sudah mulai menerapkan aturan ini.



sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar