Featured Video

Sabtu, 13 Oktober 2012

Polri: Gaji Penyidik KPK Lebih Besar 4 Kali


Polri: Gaji Penyidik KPK Lebih Besar 4 Kali
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar.
 JAKARTA -- Markas Besar Kepolisian RI menyambut baik wacana kenaikan gaji penyidik Polri sehingga sama dengan penyidik di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 


"Tentu kita bersyukur ya. Memang kalau kita lihat selama ini antara penghasilan dan biaya operasional yang diberikan di KPK dengan penyidik kita cukup jauh," Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi Boy Rafli Amar, Jumat (12/10). 

Ia bahkan mengatakan perbedaan gaji tersebut hingga 400 persen. Sebagai perbandingan, ia mencontohkan, pendapatan seorang Komisaris Polisi di Polri sebesar empat juta rupiah per bulan. Sedangkan, jika ia bertugas di KPK, ia mendapatkan sekitar Rp 25 juta per bulan. 

Bukan hanya persoalan pendapatan. Perbedaan yang cukup mencolok juga nyata terlihat dari biaya penyidikan. Di KPK, biaya penyidikan satu perkara mencapai Rp 300 juta. Bandingkan saja dengan kepolisian yang biayanya amat minim, hanya Rp 37 juta per perkara. 

"Kita selama ini mengalami perbedaan dari sisi penghasilan dan biaya operasional. Tapi itu bukan alasan bagi kita untuk tidak bekerja secara baik. Kita tetap jalan, tidak ada masalah bagi penyidik Polri," kata pemilik bintang satu tersebut.   

Sebelumnya, selain sepakat pembangunan gedung baru KPK, Komisi III juga akan menaikkan anggaran Polri dan Kejagung. Nantinya, gaji penyidik Polri dan Jaksa akan sama dengan penyidik KPK.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar