Featured Video

Sabtu, 17 November 2012

Butuh Rp 2 Miliar Benahi Pantai Aia Manih


KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESMatahari terbenam di Pantai Air Manis, Padang, Sumatera Barat, Selasa (7/6/2011).

 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang menganggarkan dana untuk renovasi fasilitas obyek wisata Pantai Air Manis sebesar Rp 2 miliar dalam APBD 2013.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Asnel di Padang, Sabtu (17/11/2012), menyebutkan alokasi dana tersebut untuk membenahi Batu Malin Kundang dan pembenahan fasilitas pendukung lainnya di obyek wisata Padang Air Manis. "Kita melihat Batu Malin Kundang banyak yang rusak akibat tergerus abrasi pantai. Pembangunan Batu Malin Kundang direncanakan tahun 2013," kata Asnel.

Menurut Asnel, selain perbaikan infrastruktur di obyek wisata Pantai Air Manis, Disbudpar Kota Padang juga akan melakukan perbaikan di obyek wisata Pantai Padang, Gunung Padang, serta Pasir Jambak.

Untuk perbaikan infrastruktur sejumlah obyek wisata itu dianggarkan dana dalam APBD tahun 2013 sebesar Rp 7 miliar. "Anggaran ini meningkat 100 persen bila dibandingkan tahun 2012 hanya sebesar Rp 4 miliar," katanya.

Disbudpar Kota Padang menganggarkan dana cukup besar karena melihat sejumlah infrastruktur obyek wisata yang ada di Kota Padang sudah banyak rusak. "Jika infrastruktur obyek wisata diperbaiki maka akan berdampak dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Padang," kata Asnel.

Selain itu, Disbudpar Kota Padang juga berupaya untuk melakukan promosi pariwisata dengan memperkenalkan sejumlah obyek wisata yang ada. "Promosi tersebut tidak hanya difokuskan pada masyarakat domestik, tapi para wisatawan dari luar negeri untuk berkunjung ke Padang," ujar Asnel.

Dia menambahkan, potensi sejumlah obyek wisata di Padang tidak kalah menarik dibandingkan dengan 19 kota/kabupaten di Sumatera Barat. "Kita akan menyebarkan informasi destinasi wisata di Kota Padang melalui sejumlah biro perjalanan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Pemasaran dan promosi menjadi kunci keberhasilan pariwisata," kata Asnel.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar