Featured Video

Jumat, 02 November 2012

SMK Muhammadiyah Bikin Mobil Tenaga Surya


KOMPAS.com/Achmad FaizalKetua Umum Muhammadiyah Din Syamsudin meresmikan mobil bertenaga surya karya SMKM 7 Gondanglegi, Malang.

Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah (SMKM) 7 Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa Timur, meluncurkan mobil bertenaga surya, Jumat (2/11/2012). Peluncuran bersamaan dengan peringatan 100 Tahun Milad Muhammadiyah di SD Muhammadiyah 4 Surabaya.


Mobil yang diberi nama "Suryawangsa Smart Education Hybrid Solar Car" itu, kata Kepala SMKM 7 Gondanglegi, Malang, Pahri, murni berbahan bakar tenaga matahari yang diserap langsung ke aki dan menyimpannya. ''Sehingga jika dalam kondisi mendung tetap mampu jalan karena masih ada cadangan tenaga di dalam aki,'' katanya kepada wartawan di Surabaya.

Mobil ini memiliki keuntungan jika diparkir di tempat yang terpapar sinar matahari karena mampu menyerap dan menyimpan tenaga yang terdistrubusi ke dalam aki. "Kekuatannya mampu mencapai 12 jam perjalanan, atau untuk Surabaya ke Malang pulang pergi masih cukup kalau memiliki cadangan tenaga penuh," terang dia.

Mobil berkapasitas dua penumpang tersebut juga memiliki pengintai untuk belokan kanan dan kiri sebagai pengganti spion. Kecepatan maksimum di jalan utama mencapai 70 kilometer per jam. Pembuatan mobil dilakukan sejak 12 Februari 2011 atau memakan waktu sekitar 20 bulan.

''Total biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan awal mulai dari kajian atau penelitian hingga selesai produksi mencapai Rp 246 juta,'' terangnya.

Suryawangsa Smart Education Hybrid Solar Car memiliki spesifikasi panjang 3.500 milimeter, lebar 1.700 milimeter, tinggi 1.600 milimeter, berat kosong 600 kilogram, dan jarak roda 3.000 milimeter. Mobil juga dilengkapi "Photovoltaic" sebanyak empat unit, tegangan 48 volt, arus peak power 3,5 ampere, dan daya peak power 168 watt.

Pahri menjelaskan, karena masih pertama, wajar jika masih banyak terdapat kesalahan. Pihaknya akan terus melakukan pembenahan.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar