Featured Video

Selasa, 19 Februari 2013

Bundo Kanduang Turun ke Sekolah


Ketua Bundo Kanduang Sumbar Prof. Puti Reno Raudha Thaib Sabtu (16/2) lalu memberikan ceramah adat di SMAN 2 Lubuk Basung.

Pada ceramah dihada­pan siswa dan para guru Puti Reno mengatakan, adat Minangkabau me­ru­pa­kan tatanan ke­hi­dupan yang diwariskan nenek moyang kita dengan tujuan untuk  mengatur kehidupan yang beretika, sopan dan bera­dab sesuai dengan tun­tunan ajaran  falsafah  Minang­kabau Adat ba­sandi syarak, Sya­rak Ba­sandi Kitabullah.
”Adat tersebut sangat perlu diwariskan kepada generasi muda, palagi da­lam kondisi sekarang di saat arus globalisasi informasi, dimana arus budaya asing mudah masuk dari luar ke daerah kita, dan kalau kita tidak memiliki ketahanan budaya, maka nilai-nilai budaya milik sendiri akan mudah terkikis malah bisa berganti dengan budaya asing itu yang tidak sesuai dengan adat kita.
Untuk itulah pewarisan adat dari genersi ke gene­rasi amat penting dilaku­kan. Untuk itu siswa di sekolah-sekolah perlu dibe­kali dengan pengetahuan adat.
Dan oleh karena itu pu­lalah makanya bundo kan­duang turun ke sekolah-sekolah untuk melakukan pembinaan adat, ini dila­kukan di tiap daerah kabu­paten/kota di Sumatera Barat sekali setahun, guna memberikan pembinaan-pembinaa terhadap anak remaja dalam menghadapi kemajuan globalisasi dan modrenisasi yang terjadi saat ini, “tukas Bundo Kanduang.
Kepada guru-guru di sekolah bundo kanduang berharap agar lebih mem­perhatikan tingkah laku anak, begitupun  kepada orang tua, yang merupakan orang yang terdekat dari anak, selalu memberikan nilai-nilai tausyiah kepada anak, agar tidak mela­kukan prilaku menyim­pang

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar