Featured Video

Minggu, 10 Februari 2013

Hayden Berharap Ducati Buka Pintu untuk Pergi ke Austin


AFP/SAEED KHANPebalap Ducati, Nicky Hayden, saat uji coba resmi pra-musim MotoGP 2013 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Selasa (6/2/2013).

 Nicky Hayden berharap Ducati akan bergabung dengan Honda dan Yamaha pada uji coba privat MotoGP di Austin, bulan depan. Tetapi harapannya itu nyaris mustahil untuk terwujud, karena jawaban saat ini adalah 'tidak'.

Pada hari terakhir uji coba resmi pertama pra-musim di Sepang, Malaysia, Kamis (7/2/2013), Yamaha memberikan konfirmasi bahwa mereka akan bergabung dengan Honda untuk uji coba di sirkuit baru Amerika itu, 12-14 Maret. Tetapi Ducati tak terlalu antusias untuk pergi ke sana, karena bakal mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk uji coba tambahan itu.

"Saat ini 'tidak' tetapi pintu tidak sepenuhnya tertutup," terang Hayden, sehari setelah tes di Sepang. "Jadi, mereka akan kembali pekan ini dan mencoba untuk mewujudkannya. Ada peluang dan saya optimistis mengenai hal itu." tambah juara dunia 2006 ini.

Pada 19-21 April mendatang, Sirkuit Texas itu untuk pertama kalinya akan menjadi penyelenggara MotoGP. Mereka akan menjadi tuan rumah untuk seri kedua kalender musim 2013 ini.

Hayden khawatir jika Ducati absen dalam uji coba itu, maka mereka tak punya kesempatan untuk bersaing dengan Honda dan Yamaha selama balapan akhir pekan. Pasalnya, itu adalah trek baru.

"Jika kami tidak melakukan tes di sana dan kami memulainya pada hari Jumat pagi (saat lomba), maka tak ada ide untuk pengesetan, ratio gir atau mengetahui trek, sehingga kami tak punya peluang menghadapi Honda dan Yamaha," ujar mantan pebalap Repsol Honda ini.

Dari hasil uji coba resmi di Sepang ini pun, Ducati sangat kesulitan untuk bersaing dengan Honda dan Yamaha (termasuk dengan tim satelit dua pabrik itu). Hayden dan rekan setim yang masuk menggantikan Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, sangat kesulitan menembus posisi 10 besar selama tiga hari uji coba resmi tersebut.

Sementara itu vice president HRC, Shuhei Nakamoto, mengatakan bahwa tim-tim satelit Honda juga akan ikut uji coba privat tersebut "jika mereka memiliki anggaran... Mungkin Cecchinello (LCR) akan datang dan Gresini tidak, tetapi mereka belum memberikan keputusan.

"Jika Ducati juga bergabung, maka kami akan sangat senang!" tambahnya.

Sesuai rencana, uji coba resmi pra-musim 2013 ini akan berlangsung sebanyak tiga kali. Pada 26-28 Februari nanti, uji coba resmi kedua kembali akan berlangsung di Sepang, sebelum mereka melakoni uji coba resmi terakhir di Jerez, akhir Maret.


s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar