Featured Video

Selasa, 26 Maret 2013

HALUAN HARUMKAN SUMATERA BARAT




PEROLEH INDONESIA MDG AWARDS 2012
PADANG, HALUAN — Tokoh dari berbagai kalangan di Su­matera Barat menyambut gem­bira dan mem­berikan ucapan sela­mat kepada Harian Umum Ha­luan atas peng­hargaan tingkat na­sional, In­donesia Millenium Deve­lop­ment Goals Award 2012 (In­donesia MDG Awards 2012) yang diperoleh Harian Haluan bersama dengan Harian Kompas.
Walikota Padang Fauzi Bahar atas nama Pemerintah Kota Pa­dang, mengucapkan selamat kepada Haluan yang terbit setelah ke­merdekaan mendapatkan peng­hargaan MDG Awards.

Menurutnya, Haluan sangat pantas mendapatkan penghargaan tersebut, karena selama ini selalu menampilkan berita-berita yang elegan. Yaitu bisa hadir sebagai media yang bersikap netral. Setelah adanya perubahan pada manajemen Haluan, terjadi perubahan yang sangat bagus.
“Saya berharap ke depannya Haluan bisa hadir di seluruh penjuru Pulau Sumatera sehingga orang Padang yang berada di Medan, Lampung dan sebagainya bisa membaca berita Haluan,” harapnya.
Walikota menilai, Haluan ada­lah media yang konsisten dari awal. Bagi pembaca Haluan, membaca Haluan berarti membaca Sumbar. Haluan merupakan salah satu standar pemberitaan di Sumbar.
Asril Kasoema, keluarga pemilik Haluan menajemen lama juga menyatakan sangat gembira mene­rima berita keberhasilan Haluan mendapatkan Indonesia MDG Awards 2012.
Dengan keadaan Haluan baru saat ini, sudah banyak kemajuan yang dicapainya.”Saya yakin, Haluan bisa kembali menjadi terkemuka di Sumatera Barat,” kata anggota DPRD Sumatera Barat ini.
Ia mengatakan, di masa kepe­mimpinan pendirinya Kasoema, Haluan menjadi koran terkemuka di Sumatera Tengah. Haluan yang didirikannya ini, telah berdiri sejak tahun 1948 dan menjadi koran tertua di Sumatera Barat.
“Sebagai pemilik Haluan pada awalnya, saya ikut berbangga dengan capaian yang diraih Haluan saat ini. Berita-beritanya harus unggul dari koran-koran lain,” ucapnya.
Asril Kasoema sekeluarga juga berharap oplah Haluan bisa men­capai 50 ribu. Setelah sebelumnya sempat mencapai 35 ribu di masa Kasoema, yang pada saat itu merupakan oplah tertinggi.
Sementara itu, Ketua DPRD Sumbar Yultekhnil mengatakan65 tahun Haluan berada di Sumbar, sudah menjadikan Haluan setara dengan koran nasional. Dari segi pemberitaan sudah profesional dan berkualitas. Haluan yang dimilki rakyat Sumbar ini telah meng­harumkan nama Sumbar di kancah nasional. Mudah-mudahan dengan penghargaan ini,menjadi motivasi bagi awak Haluan untuk terus menjadi lebih baik.
Sehari menjelang penyerahan IMA 2012, 17 kepala daerah pene­rima IMA 2012 telah berada di Bali, termasuk Walikota Sawahlunto Amran Nur dan Walikota Paya­kumbuh Riza Falepi. CEO Haluan Media Group (HMG) Basrizal Koto, WPU Haluan Zul Effendi, Pemred Yon Erizon juga telah berada di Bali untuk mnerima penghargaan IMA 2012 dari Presiden SBY. Jalan-jalan raya di Bali dihiasi baliho Presiden SBY.
Kota Sawahlunto meraih IMA 2012 dengan tiga kategori, pertama bidang lingkungan, kedua tingkat kematian ibu melahirkan yang rendah, ketiga bidang nutrisi.
Walikota Sawahlunto Amran Nur menyambut gembira dan bersyukur atas prestasi yang diraih Sawahlunto.  Menurutnya Pemko Sawahlunto gencar melakukan program-program pembangunan masyarakat yang strategis terkait dengan MDGs.
Pemko Sawahlunto berhasil menekan angka kematian ibu mela­hirkan dengan perbandingan 2 : 1.394. Hanya dua ibu yang meninggal dari 1.394 yang melahirkan.
Amran Nur juga mengucapkan selamat kepada Haluan yang juga meraih IMA 2012 bersama Harian Kompas. “Ini adalah prestasi luar biasa yang diraih Haluan. Selamat kepada Haluan,” kata Amran Nur.
Menurut Amran Nur, selama ini Haluan telah ikut mendorong pembangunan di Sawahlunto dan Sumbar pada umumnya melalui berita-berita yang positif. Kriti­kannya tajam, namun konstruktif dan bermanfaat bagi masyarakat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar