Featured Video

Sabtu, 02 Maret 2013

Tunggak Gaji Pemain, Persebaya Terancam Disidang FIFA

Jakarta - Tak memenuhi kewajiban membayar gaji pemain, Persebaya Surabaya terancam disidang FIFA. 'Bajul Ijo' diberi tenggat hingga 31 Maret untuk melunasi tunggakan pada Serge Ngankou Elongo
.

Dalam rilis yang diterima detikSport dari Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), disebutkan kalau FIFA sudah menyurati PSSI untuk menyampaikan pada Persebaya agar melunasi tunggakan gaji pemain terhadap Serge Ngankou. Disebutkan kalau Ngankou memperkuat Persebaya di tahun 2009.

Tak disebutkan berapa besarnya tunggakan Persebaya terhadap pemain asal kamerun itu. Namun dalam suratnya FIFA mengancam akan menyidangkan Persebaya pada 10 April 2013 mendatang jika tak juga bisa melunasi pembayaran gaji tersebut. Oleh otoritas sepakbola dunia itu, Persebaya ditenggat hingga 31 Maret.

Bukan Persebaya saja yang diketahui masih belum membayar kewajiban gaji pada pemainnya. Dari Bontang FC yang berlaga di Indonesia Premier League, salah satu pemain mereka juga sempat dibuat terlunta-lunta lantaran gajinya tak kunjung dibayarkan. Nasib malang itu harus dialami pemain asal Kamerun lainnya, Emaleu Serge.

Serge sebenarnya cuma dikontrak Bontang selama enam bulan untuk musim 2011/2012. Namun hingga kini gajinya baru dibayar dua bulan. Disebutkan kalau Serge malah sempat ditahan oleh pihak imigrasi Indonesia karena Bontang tak mengurus KITAS (kartu izin tinggal sementara) miliknya. Padahal dalam kontrak yang ditandatangani, disepakati kalau KITAS dan juga persoalan perizinan pada pemerintah dan PSSI bakal diurus oleh klub. 

Nasib malang Serge tak berhenti sampai di situ karena dia masih gagal mendapatkan haknya saat ingin pulang ke Kamerun menyusul meninggalnya sang istri. Serge bersama agennya Francis Yonga kemudian melaporkan masalah yang dialaminya ke APPI.

APPI menindaklanjuti dengan mengirim surat ke PSSI pada 28 Februari 2013 kemarin, berbarengan dengan belasan pesesepakbola yang tahun lalu memiliki kontrak bersama Bontang. 

Anehnya, Bontang FC saat ini sudah berkompetisi di Indonesia Super League, dan bahkan sudah menjalani pertandingan pertamanya. Padahal PSSI sempat menjanjikan akan menuntaskan masalah tunggakan gaji pemain klub IPL sebelum kompetisi bergulir.

PSSI Tunggak Gaji Staff Timnas 

Bukan cuma klub yang menunggak gaji pemain karena PSSI ternyata juga masih belum melunasi pembayaran pada staff tim nasional. APPI menerima laporan terkait Matias Ibo, chief physiotherapist Skuat Garuda, yang gajinya juga belum dibayar penuh.

Ibo memiliki kontrak dengan PSSI dengan durasi 2 tahun dan akan berakhir pada Juli 2013. Terhitung Februari 2013, Ibo belum menerima hak gajinya dari PSSI selama tiga bulan. 

Ini bukan kali pertama gaji Ibo tertunda berbulan-bulan. Tahun lalu dia sempat tak dapat gaji sampai lima bulan, hal mana sempat membuat dia memutuskan hengkang dari timnas meski kemudian memutuskan kembali.


s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar