Featured Video

Sabtu, 04 Mei 2013

'Gangnam Style Dituding Plagiat'


Psy
Psy

  Semakin tinggi pohon, semakin besar angin yang menggoyangnya. Demikian yang dialami Park Jae Sang alias Psy setelah mengecap sukses melalui single hits-nya 'Gangnam Style.'

Setelah berhasil menggelar tur dunia setahun belakangan, banyak pihak yang mengaku bahwa lagu andalan Psy itu adalah produk plagiat.
Ini normal terjadi pada hasil-hasil karya yang mendulang sukses. Banyak pihak iseng juga yang membawa ini ke meja hukum. Kasus serupa pernah terjadi pada serial Harry Potter, The Davinci Code, dan Twilight. Namun, perwakilan Psy dari YG Entertainment baru saja membuat pernyataan resminya tentang tuntutan tersebut.
"Tahun lalu, seorang komposer membawa gugatan terhadap 'Gangnam Style' Psy atas tuduhan plagiarisme. Jika anda mendengarkan 'Gangnam Style' dengan lagu yang diciptakan komposer itu, siapa pun bisa mengatakan bahwa itu sama sekali tidak menjiplak. Orang juga bisa mengetahui fakta ini dengan melihat waktu peluncuran kedua lagu itu," kata perwakilan Psy, dikutip dari Soompi, Jumat (15/3).
Perwakilan itu melanjutkan, baru-baru ini ada banyak orang yang membuat klaim atas 'Gangnam Style' Psy yang menjiplak lagu-lagu mereka. Semua klaim ini bahkan tidak laik ditangani. Saat ini, pihak YG mengambil sikap bahwa mereka tak akan melayani seluruh klaim.
Lagu 'Gangnam Style' Psy berhasil mencapai puncaknya di posisi teratas tangga lagu Billboard Biz dunia pada Oktober 2012. Psy menjadi saingan berat 'One Mor Night' Maroon5. Psy juga menjadi penyanyi Korea pertama yang berhasil masuk ke China Baidu Top 500 berdasarkan jumlah pencarian dan pengunduhan. 

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar