Featured Video

Sabtu, 04 Mei 2013

Mau Bikin Keripik Kentang yang Enak dan Renyah? Ikuti Langkah Ini!


Foto: Thinkstock
Jakarta - Keripik kentang memang bukan camilan menyehatkan. Namun, siapa yang bisa tahan dengan renyah dan gurihnya? Produsen memang punya formula tersendiri untuk menghasilkan keripik kentang yang bikin ketagihan. Meski demikian, Anda juga bisa membuat keripik kentang yang tak kalah lezat di rumah.

Menurut pakar kuliner Dave Arnold, kandungan air dan gula dalam kentang perlu diperhatikan jika ingin menghasilkan keripik yang renyah dan berwarna cantik keemasan. Iapun membagi tips kepada The Daily Meal (10/04/13):













Foto: Emily Jacobs
1. Iris tipis
Hal paling penting dari keripik kentang adalah tipis dan renyahnya. Untuk mendapatkan konsistensi sempurna, dianjurkan ketebalan irisan kentang sekitar 0,3 cm. Anda bisa menggunakan alat khusus untuk mengiris kentang (slicer) agar hasilnya tipis dan konsisten.

















Foto: Emily Jacobs
2. Rendam
Merendam kentang dalam air dingin dapat membuang sisa gula dan tepungnya. Hal ini juga dapat mencegah oksidasi yang membuat permukaan kentang kecokelatan. Anda dapat melakukannya sambil mempersiapkan bahan-bahan lain yang diperlukan dalam membuat keripik kentang.


















Foto: Emily Jacobs
3. Keringkan
Menurut Arnold, yang membuat keripik kentang terasa enak adalah citarasa minyak setiap kali kita menggigitnya. Minyak dapat diserap ketika kentang telah kehilangan seluruh kandungan airnya. Jadi, setelah direndam, letakkan irisan kentang di atas serbet dalam satu lapisan. Letakkan serbet lain di atas kentang, lalu tekan-tekan perlahan agar air yang tersisa dalam kentang keluar.
















Foto: Emily Jacobs
4. Atur suhu api
Jika memungkinkan, gunakan termometer untuk mengetahui suhu minyak goreng. Masukkan irisan kentang ke minyak pada suhu 93 C, lalu naikkan suhunya menjadi 177 C agar kentangnya tergoreng. Saat Anda memasukkan kentang pada suhu rendah, pada dasarnya Anda sedang merebus irisan kentang dan membuat airnya keluar sehingga minyak bisa masuk.

















Foto: Emily Jacobs
5. Tiriskan
Ketika keripik kentang sudah berwarna kuning kecokelatan, angkat dengan saringan. Keringkan dalam mangkuk yang dilapisi tisu dapur. Segera bumbui dengan garam dan bumbu bubuk lalu kocok-kocok agar merata. Anda bisa menyantapnya begitu saja atau dengan cocolan saus sambal, sour cream, atau saus keju. Selamat mencoba!















s




Tidak ada komentar:

Posting Komentar