Featured Video

Rabu, 25 Desember 2013

Misi Selesai, Saya Menang!

Edward Snowden

Setelah berbulan-bulan membocorkan borok Badan Keamanan Nasional AS (NSA), pembocor dokumen Edward J Snowden mengaku sudah puas dengan misinya.


"Bagi saya, dalam hal kepuasan personal, misi sudah selesai. Saya sudah menang. Sebaik saat jurnalis bekerja, semua hal yang telah saya lakukan telah divalidasi," kata Snowden dalam wawancaranya dengan The Washington Post, Selasa 24 Desember 2013.

Dalam wawancara dengan media AS itu, Snowden mengaku sempat khawatir soal program pengumpulan data pada awal Oktober 2012 dengan 17 rekan data kerjanya.

Snowden menantang rekan kerja terkait pengumpulan data domestik dalam program 'BOUNDLESSINFORMANT'.

Nyatanya, enam bulan kemudian, Snowden mulai nekat membocorkan dokumen rahasia NSA dengan memanggil wartawan. Ia melakukan wawancara yang intinya menyerang program NSA. 

Meski langkahnya dikecam Direktur NSA, Jenderal Keith Alexander, pria yang kini mendapatkan suaka sementara dari Rusia itu menegaskan bocoran yang ia lakukan bukan untuk merusak citra NSA, tetapi malah sebaliknya.

"Saya tidak mencoba menurunkan derajat NSA, saya justru bekerja untuk meningkatkan NSA," kilah Snowden. 

Pria kelahiran North Carolina 21 Juni 1983 itu juga mengatakan bahwa dia masih bekerja untuk NSA sampai saat ini.  "Saya masih bekerja untuk NSA, hanya saja mereka tak menyadarinya," ujar Snowden.
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar