Featured Video

Sabtu, 15 Februari 2014

'Shalat Berhadiah Bentuk Kapitalisasi'

Shalat berjamaah (ilustrasi)
Shalat berjamaah (ilustrasi)

Pengurus Wilayah (PW) Nahdlatul Ulama (NU) Maluku menyatakan shalat berhadiah merupakan bentuk kapitalisasi agama.


"Secara kontekstual, shalat atau ibadah karena iming-iming berhadiah merupakan bentuk kapitalisme agama. Sesuatu yang suci dikaitkan dengan materi, materialisasi agama," kata Wakil Ketua Pengurus PWNU Maluku, Abidin Wakano, di Ambon, Kamis (13/2).

Peryataan PWNU ini muncul terkait maraknya pemberian hadiah bagi umat Islam yang rajin shalat di sejumlah tempat di Tanah Air. 

Abidin yang juga dosen Pascasarjana IAIN Ambon itu menegaskan, shalat berhadiah dapat menyebabkan timbulnya pemikiran yang dangkal dan sesat terhadap ajaran Islam. Ke depannya umat Islam tidak akan lagi beribadah semata-mata karena Allah SWT, tapi karena iming-iming hadiah.

Lebih lanjut Abidin menjelaskan, jika ditilik dari terminologi agama Islam, beribadah karena hadiah atau iming-iming tertentu dapat dikategorikan sebagai riya (berlebih-lebihan) dan dengan menyekutukan Allah SWT.

Hal ini tergolong dalam andad atau ketuhanan palsu. Pengikutnya dapat digolongkan sebagai orang kafir dan hamba Thagut.

"Dalam tradisi sufisme, ada tokoh terkenal bernama Rabiatul Adawiyah telah memperingatkan kita bahwa beribadah karena takut akan api neraka akan masuk surga. Tapi jika beribadah karena mengharapkan surga, maka akan masuk neraka," jelasnya.

Menurut Ketua Muhammadiyah Wilayah Maluku, Abdul Majid Makassar, pemberian hadiah bagi yang beribadah, boleh saja dilakukan selama tujuan dan niatnya baik. Bukan untuk menyekutukan Allah SWT.

"Tujuannya baik mengajak umat Islam agar rajin beribadah. Riya atau tidaknya ibadah masyarakat hanya Allah yang bisa menilai," katanya.
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar