Featured Video

Jumat, 11 Juli 2014

Dipepet Ponsel Jumbo, Penjualan Tablet PC Anjlok


Penjualan tablet PC di dunia menurun untuk pertama kalinya. Diduga, banyak konsumen mulai memilih smartphone layar lebar ketimbang membeli tablet.

Penelitian dari NPD DisplaySearch menyebutkan bahwa dalam tiga bulan pertama 2014, penjualan tablet di seluruh dunia mencapai 56 juta unit. Jumlah itu menurun dari periode yang sama tahun sebelumnya, dengan unit terjual 59 juta unit.

Penurunan ini menurut NPD disebabkan beberapa faktor. Pertama permintaan yang anjlok dari tablet ukuran 7 inch di pasar Asia, karena banyak konsumen lebih memilih smartphone layar jumbo atau biasa disebut phablet. Kedua karena peluncuran model baru tablet belum begitu gencar.

NPD masih memprediksi penjualan tablet secara total di tahun 2014 akan mengalami pertumbuhan sampai 285 juta unit, naik dari jumlah 250 juta unit tahun lalu. Tapi prediksi itu adalah revisi dari proyeksi sebelumnya yang sebesar 315 juta unit.

Lebih lanjut, NPD menyatakan bahwa pertumbuhan pasar tablet kemungkinan akan terus melambat di tahun-tahun mendatang. Salah satu alasannya, konsumen tablet makin berperilaku seperti konsumen laptop, yakni jarang mengganti perangkatnya atau membeli baru.

"Ada risiko daur pergantian tablet PC akan lebih panjang dari satu atau dua tahun kecuali brand tablet bisa mengembangkan penawaran menarik," kata Hisakazu Torii dari NPD, dariInformation Week, Jumat (11/7/2014).d