Featured Video

Senin, 18 Agustus 2014

Ada Simulasi Polisi, Senin Siang, Jalanan Menuju Jakarta dari Kota-kota Ini Ditutup

Kepolisian Daerah Jawa Barat, Senin (18/8/2014), akan menggelar simulasi mengantisipasi keamanan seusai pembacaan putusan sengketa Pemilu Presiden di Mahkamah Konstitusi. Sejumlah jalan dari Jawa Barat mengarah ke Jakarta akan ditutup selama simulasi.


"Polda Jabar akan membantu pengamanan menjelang dan pasca-penetapan putusan MK di pusat. Kami akan melakukan simulasi situasi kontijensi berupa penyekatan pergerakan atau pergeseran massa menuju Jakarta," kata Kepala Polda Jabar Inspektur Jendral Mochamad Iriawan di Bandung, Jawa Barat, Minggu, (17/8/2014).

Iriawan mengatakan, simulasi akan dibuka di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin, pada pukul 11.00 WIB. Simulasi yang melibatkan Polres Bogor Kota, Polres Bogor, Polres Cianjur, Polres Sukabumi, Polres Purwakarta, Polres Karawang, Polres Bandung, Polres Cimahi, dan Polrestabes Bandung ini, sebut Iriawan, akan melibatkan 17.147 personel.

"1.357 personel dari Polda Jabar dan 15.790 personel dari Polres dan Polrestabes setempat," sebut Iriawan. Sejumlah ruas jalan akan ditutup terkait dengan simulasi pencegahan aliran massa ke Jakarta ini. "Kami lakukan penyekatan - penyekatan di sembilan wilayah tersebut," katanya. 

Jalanan yang ditutup

Untuk wilayah hukum Polres Bogor, jalan yang ditutup adalah Gerbang Tol Krangan, Gerbang Tol Gunung Putri, Gerbang Tol Citereup, Gerbang Tol Sentul Utara, Gerbang Tol Sentul Selatan, Gerbang Tol Ciawi, Simpang Gadog, Jembatan Layang Cibinong, dan Parung.

Adapun untuk wilayah hukum Polres Bogor Kota, penutupan jalan akan dilakukan di Simpang Pomad, BORR/Jalan Baru, Baranangsiang, Simpang Ciawi, dan Yasmin Tansa. 

Sementara di wilayah hukum Polres Karawang, penutupan jalan akan terjadi di Gerbang Tol Karawang Barat, Gerbang Tol Karawang Timur, Rest Area KM 42, dan Tanjungpura. 

Untuk wilayah hukum Polres Purwakarta, penutupan dilakukan di BIC/Kawasan Industri, Gerbang Tol Cikampek, Gerbang Tol Sadang, dan Gerbang Tol Jatiluhur. 

Lalu, di wilayah hukum Polres Sukabumi, penutupan jalan terjadi di Kawasan Indolakto, Stasiun Kereta Api Cicurug, Areal Wisma Delima, dan Lapangan Sekarwangi. 

Di wilayah hukum Polres Cianjur, jalan ditutup di Jembatan Citarum, Rest Area Segar Alam, Jembatan Cibeet, dan Tugu Batas Gekbrong. 

Adapun di wilayah hukum Polres Bandung, penutupan jalan terjadi di batas kota Cibiru, Gerbang Tol Cileunyi, undespass Buahbatu, underpass Moh Toha, dan underpass Margahayu. 

Untuk wilayah hukum Polres Cimahi, penutupan dilakukan di jembatan layang Cimindi, Gerbang Tol Baros, Gerbang Tol Padalarang, Jembatan Rajamandala, dan pertigaan Pasar Cikalongwetan. 

Sementara itu, untuk wilayah Polrestabes Bandung, penutupan jalan dilakukan di Gerbang Tol Pasteur, Gerbang Tol Pasirkoja, Gerbang Tol Kopo, Gerbang Tol Moh Toha, Gerbang Tol Buahbatu, batas kota Cibiru, batas kota Cimindi, dan Terminal Ledeng. 

"Kami minta maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat, atas ditutupnya sejumlah ruas jalan ini," kata Iriawan. k