Featured Video

Kamis, 11 September 2014

Menpora Lepas Kontingen Asian Games 2014



Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo mengikuti upacara pelepasan kontingen Asian Games 2014 di Wisma Kemenpora, Jakarta, Kamis (11/9/2014)
Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo dan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo melepas kontingen Indonesia yang akan mengikuti  Asian Games 2014 Incheon, di Wisma Kemenpora, Kamis (11/9/2014).


Pada acara yang dihadiri sebagian atlet, pelatih, dan ofisial yang akan berangkat ke Incheon tersebut, Menpora berharap para atlet bisa memberikan hasil yang terbaik pada Asian Games yang akan berlangsung pada 19 September-4 Oktober.

"Prestasi kalian semua di Incheon akan sangat menentukan. Insya Allah empat tahun lagi Indonesia akan menjadi tuan rumah. Kita harus memperbaiki peringkat. Selama ini kita berada di peringkat 15 dan akan berusaha mencapai peringkat 10 pada Asian Games ini," kata Roy Suryo.

Indonesia mengirimkan 186 atlet (115 putra dan 71 putri) untuk berlaga di Incheon. Mereka akan berebut medali di 23 cabang yang diikuti, yaitu atletik, angkat besi, anggar, badminton, balap sepeda, berkuda, bola voli pantai, boling, kano, gulat, judo, karate, layar, panahan, renang, rowing, sepak bola, sepak takraw, soft tennis, taekwondo, tenis, tinju, dan wushu.

Kontingen Indonesia berada di bawah arahan Chief de Mission Tono Suratman dan deputy CdM Agum Gumelar.

Prestasi terbaik Indonesia di Asian Games adalah peringkat kedua pada Asian Games 1962 di Jakarta. Kala itu, Indonesia mendapatkan 21 emas, 26 perak, dan 30 perunggu. Sementara prestasi terburuk didapat pada Asian Games 2006 di Doha, Qatar. Saat itu, kontingen Merah Putih hanya berada di peringkat 22 dengan perolehan 2 emas, 4 perak, dan 14 perunggu.k