Featured Video

Selasa, 17 Maret 2015

Android 5.1 Bermasalah, Bikin RAM "Bocor"

Google
Ilustrasi Android
Sudah mendapatkan notifikasi untuk memperbarui sistem operasi Android ke versi 5.0.1 atau 5.1? Jika ya, sebaiknya tahan dulu keinginan untuk segera meng-updateperangkat Android Anda. Mengapa?


Ternyata, seperti KompasTekno kutip dari Ubergizmo, Senin (16/3/2015), Android versi terbaru itu membawa masalah pada segi RAM. Beberapa pengguna mengeluhkan terjadinya "kebocoran" RAM setelah updatetersebut.

Akibatnya, banyak pengguna awal yang merasa perangkat telah diperbarui sistem operasinya terasa lebih "berat" atau lebih lamban ketimbang sebelumnya.

Masalah RAM tersebut dikeluhkan oleh para pengguna di situs "Issue Tracker" milik Google. Sebagian besar pengguna mengeluhkan RAM yang tersisa (free RAM) di perangkat menurun sangat drastis dari biasanya. Beberapa aplikasi pun secara mendadak restart tanpa adanya peringatan apa pun.

"Setelah satu hari penggunaan, RAM yang tersisa menurun hingga 800 MB dan aplikasi Google Plus restart," tulis satu pengguna. Menurut pengguna ini, biasanya RAM yang tersisa, setelah beberapa aplikasi berjalan, ada di angka sekitar 1,1 GB hingga 1,3 GB.

Pihak Google sendiri sudah mengetahui adanya masalah tersebut. Perusahaan yang besar dari dunia internet ini dikatakan sudah berhasil mengatasinya secara internal, tetapi belum menghadirkan update untuk memperbaiki masalah di tingkat pengguna.

Perbaikan itu sendiri dikabarkan hadir di update Android 5.1.1. Sayangnya, masih belum diketahui kapan pembaruan tersebut akan hadir. Akan tetapi, mengingat masalah ini cukup serius, tampaknya Android versi tersebut akan segera dirilis.

Google sendiri telah melepas sistem operasi Android 5.1 Lollipop pekan lalu. Sistem operasi ini merupakan penerus dari versi sebelumnya, Android 5.0 yang sama-sama bernama "Lollipop".

Update Android 5.1 “Lollipop” dikatakan membawa peningkatan stabilitas dan performa.

Ada juga tambahan beberapa fitur baru seperti dukungan multiple-SIM card, Device Protection, dan panggilan suara high-definition (HD Voice) di perangkat yang kompatibel.

Sistem operasi Android 5.1 pertama kali muncul dalam smartphone Android One yang diluncurkan di Indonesia, awal Februari lalu lewat tiga ponsel Evercoss One X, Nexian Journey One, dan Mito Impact.

Kemunculannya ketika itu agak mengejutkan karena tidak dibarengi dengan pengumuman resmi dari Google.k