Featured Video

Senin, 09 Maret 2015

Begini Cara Bikin PIN "Cantik" untuk BBM

BlackBerry
BlackBerry Messenger Blend
BlackBerry menghadirkan sebuah fitur menarik dalam pembaruan aplikasi BlackBerry Messenger (BBM). Pada pembaruan terbaru ini, pengguna BBM, termasuk di Indonesia, bisa membuat atau memilih sendiri nomor PIN yang akan digunakan.


Membuat PIN BBM sendiri tidaklah terlalu sulit. Syaratnya, pengguna BBM ternyata hanya bisa membuat PIN sendiri apabila telah membeli fitur subscription dari BlackBerry. 

Harga yang harus dibayarkan untuk mendapatkan fitur tersebut tidaklah terlalu mahal. Pengguna cukup membayar 2 dollar AS atau sekitar Rp 26.000 per bulannya.

Untuk membuat PIN sendiri, cara yang harus ditempuh oleh seorang pengguna BBM tidak terlalu panjang. Cara ini berlaku untuk BBM semua OS, baik itu BB OS, iOS, maupun Android.

Pertama, pengguna harus memastikan telah mengunduh dan memperbarui aplikasi BBM. Setelah itu, langsung saja buka aplikasi tersebut. Kemudian, pilih BBM Shop. Biasanya, pilihan tersebut terdapat di bagian paling bawah Menu.


Deliusno/Kompas.com
Custom PIN Subscription
Sesudah itu, cari tab Subscription dan tekan menu Custom PIN. Di bagian ini, pengguna harus membayar biaya Subscription. Setelah membayar, pengguna bisa langsung membuat dan memilih PIN sendiri.

Pengguna bebas memilih PIN sepanjang 6 hingga 8 karakter, yang bisa dikombinasikan antara huruf dan angka. Untuk saat ini, karakter simbol masih belum bisa digunakan sebagai PIN.

Yang harus diingat, PIN custom atau buatan sendiri ini tidak akan selamanya menjadi milik pengguna. Apabila masa subscription sudah selesai, otomatis PIN custom tersebut sudah bisa "dibeli" oleh pengguna lain.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, BlackBerry menyarankan untuk segera memperpanjang subscription, sebelum masa berlakunya habis. 

Pengguna iOS akan mendapatkan notifikasi setiap bulannya, beberapa saat sebelum masa subscription berakhir. Sementara itu, tidak ada notifikasi perpanjangan untuk platform Android dan BlackBerry 10.

Pengguna BlackBerry 10 bisa memperpanjang masa berlangganan melalui BlackBerry World, di bagian My World. Untuk Android, masa pemakaian bisa diperpanjang melalui layanan Google Wallet.k