Featured Video

Senin, 09 Maret 2015

Cara Cerdas Mengkredit Mobil

Jual beli atau kredit mobil (ilustrasi).
Jual beli atau kredit mobil (ilustrasi).

Seperti halnya baju, jual beli mobil pun memiliki tren. Menjelang lebaran, harga pasaran mobil bekas dan baru biasanya akan melonjak.

Bila Anda memang berencana membeli mobil, baru ataupun bekas dengan cara kredit, perhatikan kiat dari Safir Senduk, perencana keuangan dari Safir Senduk dan Rekan berikut.

Tentukan jangka waktu
“Tentukan berapa jumlah cicilan mobil yang sanggup Anda bayar, dengan perhitungan cicilannya tidak lebih dari sepertiga penghasilan per bulan,” ujar Safir. Di luar itu, perhitungkan pula anggaran untuk biaya bahan bakar mobil, perawatan, dan asuransi, seperti dikutip dariwww.parentsindonesia.com.

Pas waktunya
Saat paling tepat bernegosiasi harga biasanya adalah di akhir bulan. Menurut Safir, pada saat tersebut para penjual mobil sedang berusaha untuk mencapai target penjualan. Demikian juga beberapa minggu sebelum Lebaran atau Natal serta saat pameran otomotif, karena biasanya diberikan bonus menarik.

Pilih sumber pembiayaan yang tepat
Anda bisa memilih dua lembaga pembiayaan untuk kredit. Bisa dari perusahaan pembiayaan (multifinance) dan bank. Bank bisa memberikan bunga lebih kecil dari multifinance, tetapi proses pengajuan kreditnya lebih ketat. Sedangkan multifinance justru sebaliknya. Namun, bank bisa memberikan jadwal ulang pembayaran kredit jika Anda nantinya kesulitan.

DP tunai
Kendati uang muka bisa dicicil, disarankan untuk tidak membayar DP dari dana pinjaman lembaga keuangan ataupun bank agar Anda tidak memiliki dua kewajiban angsuran. r

Tidak ada komentar:

Posting Komentar