Featured Video

Minggu, 31 Mei 2015

Messi Pimpin Barcelona Raih Gelar Copa del Rey

AFP
Striker Barcelona, Lionel Messi (tengah) seusai mencetak gol keduanya ke gawang Athletic Bilbao pada partai final Copa del Rey di Stadion Camp Nou, Sabtu (30/5/2015).
Barcelona sukses menjuarai Copa del Rey 2014-15 seusai mengalahkan Athletic Bilbao 3-1 pada partai final di Stadion Camp Nou, Sabtu atau Minggu (31/5/2015) dini hari WIB. 


Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Barcelona langsung tampil menekan sejak menit-menit awal. Beberapa kali skuad asuhan Luis Enrique itu mendapatkan peluang untuk mencetak gol.

Pada menit ke-10, Lionel Messi sukses menyarangkan bola ke dalam gawang Bilbao. Namun, gol tersebut dianulir wasit karena hakim garis lebih dulu melihat Messi berada di posisi offside.

Messi akhirnya mampu mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-20. Menerima umpan Daniel Alves, Messi sukses mengecoh empat pemain Bilbao sebelum menyarangkan bola untuk membawa Barcelona unggul 1-0.



Meski unggul, Barcelona tidak menurunkan tempo permainan. Bahkan, Barcelona hampir kembali mencetak gol jika kiper Bilbao, Iago Herrerin, tidak melakukan penyelamatan gemilang saat menepis bola sundulan Gerard Pique pada menit ke-24 dan bola tendangan Luis Suarez pada menit ke-26.

Pada menit ke-36, Neymar menggandakan keunggulan Barcelona menjadi 2-0. Menerima tarik Suarez di dalam kotak penalti, striker asal Brasil itu dengan mudah menyarangkan bola tanpa mampu dihalau Herrerin.



Selepas turun minum, Barcelona tetap menguasai jalannya pertandingan. Sementara itu, Bilbao terlihat lebih banyak bertahan dan hanya melancarkan serangan melalui serangan balik.

Pada menit ke-74, Messi kembali memaksa Herrerin memungut bola dari gawangnya sendiri untuk kali ketiga. Gol itu diciptakannya setelah menerima umpan silang Alves dari sisi kanan lapangan.



Lima menit berselang, Bilbao mampu memperkecil kedudukan melalui torehan Inaki Williams. Menerima umpan silang Ibai Gomez, Williams sukses melepaskan sundulan yang  bolanya masuk ke pojok kiri gawang Barcelona.



Gol tersebut membangkitkan semangat Bilbao. Namun, upaya mereka pada menit-menit akhir laga tidak membuahkan hasil karena skor 3-1 untuk Barcelona  tetap bertahan hingga wasit meniup panjang. 

Menurut catatan ESPN, sepanjang pertandingan, Barcelona menguasai bola sebanyak 73 persen dan menciptakan tujuh peluang emas dari 11 usaha. Adapun Bilbao melepaskan tiga tembakan dari tujuh percobaan. 


Klik tautan ini untuk menyimak momen-momen penting pertandingan antara Bilbao dan Barcelona tersebut melalui menu LiveScore Kanal Bola Kompas.com versi mobile.
Susunan pemain: 
Bilbao: 13-Iago Herrerin; 4-Aymeric Laporte, 12-Unai Bustinza, 16-Xabier Etxeitia, 24-Mikel Balenziaga; 6-Mikel San Jose, 7-Benat (11-Ibai Gomez 75), 15-Andoni Iraola (14-Markel Susaeta 58), 17-Mikel Rico (8-Ander Iturraspe 74), 30-Inaki Williams; 20-Aritz Aduriz
Pelatih: Ernesto Valverde

Barcelona: 1-Marc-Andre ter Stegen; 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano, 18-Jordi Alba (24-Jeremy Mathieu 77), 22-Dani Alves; 4-Ivan Rakitic, 5-Sergio Busquets, 8-Andres Iniesta (8-Xavi 56); 9-Luis Suarez (7-Pedro 78), 10-Lionel Messi, 11-Neymar
Pelatih: Luis Enrique

Wasit: Carlos Velasco Carballo.K