Featured Video

Sabtu, 13 Juni 2015

Para Rival Lebih Cepat dalam Satu Lap, Rossi Siap Kerja Keras di Kualifikasi

AFP/JOSEP LAGO
Rider Yamaha Valentino Rossi mengakui laju motornya dalam satu putaran masih tertinggal dari para rival. Oleh karena itu dia akan kerja keras di hari kedua agar tetap bisa start di posisi yang bagus.

Rossi melalui hari pertama di sirkuit Catalunya, Jumat (12/6/2015) dengan hasil kurang memuaskan. Dari dua sesi latihan bebas, dia hanya menempati posisi 8 dan 11 secara berurutan. Catatan waktu terbaiknya pun masih berjarak 1,2019 detik dari pebalap Suzuki Aleix Espargaro di posisi teratas.

Diakui Rossi bahwa motor para rival seperti Honda, Ducati, dan Suzuki lebih cepat. Ducati dan Suzuki khususnya sangat terbantu karena mendapatkan jatah ban kompon ekstra lunak dari Bridgestone.

Rider 36 tahun itu tak menampik bahwa hari kedua, utamanya sesi kualifikasi bakal sangat berat. Akan dibutuhkan upaya habis-habisan agar bisa start di posisi yang bagus.

"Pastinya besok bakal sangat-sangat sulit bagi kami untuk start di posisi grid yang bagus. Karena banyak motor lain sangat cepat terutama untuk satu lap dan tampaknya ban lunak Bridgestone banyak membantu para pebalap Suzuki dan Ducati," kata Rossi dikutipCrash.

"Para pebalap Honda sangat cepat dalam satu putaran. Terutama Marquez, tapi Pedrosa dan Crutchlow juga tidak begitu buruk. Dan setelah itu laju mereka serupa dengan kami, sementara Jorge sedikit lebih baik."

"Problem di kualifikasi adalah Honda sangat bagus selama satu putaran dengan ban medium, Anda juga punya Ducati dan Suzuki dengan ban ekstra lunak yang untuk satu putaran sangat membantu. Jadi taruh Honda, lalu Ducati dan Suzuki dengan ban ekstra lunak dan kami pun sangat tertinggal."

"Jadi kami harus mengerahkan upaya maksimal. Juga karena biasanya Jorge sedikit lebih cepat daripada saya dalam satu putaran dengan motor yang sama," tandasnya.

Rossi sejauh ini masih memimpin klasemen pebalap dengan nilai 118. Di belakangnya melengkapi tiga besar adalah Jorge Lorenzo dengan 112 poin dan Andrea Dovizioso yang punya 83 angka.