Featured Video

Jumat, 14 Agustus 2015

Jangan Heran! Spek Sama Tapi Performa Beda

Galaxy Note 5 (gettyimages)
Tiap koki punya cita rasa sendiri-sendiri, meskipun bahan dan makanan yang dibuat sama. Hal ini pula yang terjadi di dunia ponsel, meski spesifikasi di atas kertas sama, jangan heran jika merasakan performa ponsel berbeda merek maka berbeda juga hasilnya.

Gadget Enthusiast Lucky Sebastian mengungkapkan, kinerja ponsel tak bisa diukur oleh satu unsur, misalnya prosesor atau RAM-nya yang digunakan. Performa merupakan hasil dari kolaborasi antara software dan hardware yang membentuk satu harmonisasi.

"Kalau kita bandingkan spek, kenapa sih yang ini lebih mahal yang ini lebih murah, padahal speknya sama? Tetapi ternyata perbandingannya tak cuma spesifikasi di atas kertas," terang Lucky  di sela peluncuran Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge+ di New York, Amerika Serikat.

"Kinerja merupakan hasil dari kombinasi prosesor, RAM dan yang biasa orang lupa adalah software yang baik. Karena kalau softwarenya jelek maka kinerjanya juga gak bagus," jelas Lucky yang aktif di komunitas Gadtorade ini.

"Jadi jika ada spek yang sama tetapi kinerjanya beda -- yang satu bagus satunya lagi lemot -- ini bisa jadi karena kualitas software," lanjutnya.

Singkatnya, spesifikasi di atas kertas itu bukan harga mati terhadap kinerja ponsel. Sebab harus ada sinergi semua unsur, baik software maupun hardware.