Featured Video

Minggu, 21 Agustus 2011

Brasil Juara Piala Dunia U-20




(AFP/Eitan Abramovich)
Bogota - Brasil tampil sebagai juara Piala Dunia U-20 setelah di final hari ini, Minggu (21/8/2011) pagi WIB, mengalahkan Portugal 3-2 lewat perpanjangan waktu. Bintang mereka adalah Oscar yang mencetak hat-trick.

Brasil sudah memimpin saat pertandingan berjalan lima menit. Oscar menembus pertahanan Portugal melalui tendangan bebasnya dari luar kotak penalti, sekaligus menodai gawang Portugal yang selalu clean sheet dalam enam laga sebelumnya.

Keunggulan Brasil hanya bertahan empat menit ketika gawang mereka pun bisa dijebol lawan. Serbuan Oliveira disempurnakan oleh Alex dengan menyundul masuk bola umpan silang rekannya itu. Skor 1-1 bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua Brasil tampil lebih berbahaya, namun kerap kesulitan menembus solidnya lini belakang Portugal. Tim "Samba" muda itu bahkan yang kebobolan lagi setelah Oliveira mengalahkan bek Juan dan tendangan kerasnya juga menaklukkan kiper Gabriel.

Oscar menjadi pahlawan Brasil lewat gol keduanya di menit 78, untuk sekaligus membuat kedudukan imbang lagi. Skor menjadi 2-2 dan tidak berubah sampai babak kedua berakhir.

Di masa perpanjangan waktu Brasil memastikan kemenangannya, kembali melalui aksi hebat Oscar. Gelandang klub Internacional itu melepaskan tendangan lob di menit 111, yang walaupun masih bisa ditip kiper Mika, namun bola pantulan dari tiang gawang tetap bersarang masuk ke jala.

Bagi Brasil ini adalah kali kelima mereka menjuarai Piala Dunia U-20 setelah meraihnya di tahun 1983, 1985, 19993, dan 2003. Dua tahun lalu mereka juga masuk final tapi kalah dari Ghana.

Adapun Portugal, mereka gagal menambah koleksinya menjadi tiga trofi di level U-20, setelah memenanginya di tahun 1989 dan 1991. Di kali terakhir menjuarai turnamen ini, mereka menundukkan Brasil lewat adu penalti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar