Featured Video

Minggu, 21 Agustus 2011

Israel sesalkan kematian di Mesir



Unjuk rasa di Kairo mengecam pembunuhan lima polisi Mesir oleh Israel


Menteri pertahanan Israel Ehud Barak "menyesalkan" tewasnya lima polisi Mesir di perbatasan Gaza setelah Kairo menarik duta besarnya.

Tanpa memastikan pasukan Israel telah membunuh lima polisi, Barak mengatakan dia telah memerintahkan penyelidikan bersama militer Mesir.

Dia mengatakan pasukannya mengejar milisi yang menyerang warga sipil Israel.

Di Kairo, kerumunan orang yang marah berunjuk rasa di luar kedutaan besar Israel.

TV pemerintah Mesir sebelumnya melaporkan negaranya menarik duta besar untuk Israel sampai negara tersebut menjelaskan alasan penembakan polisi.


Penyesalan

Berbicara di Jerusalem, Barak mengatakan dirinya melakukan pembicaraan khusus dengan kepala staf umum Israel dan pejabat intelijen lainnya.

"Serangan (Eilat) berasal dari Jalur Gaza," katanya. "Sebagian besar pelaku tewas dan tokoh senior yang memerintahkan serangan teror menjadi sasaran tidak lama kemudian."

Barak menekankan pentingnya perjanjian perdamaian dengan Mesir, dia mengatakan,"Israel menyesalkan kematian polisi Mesir saat serangan teror".

Dia berjanji, berdasarkan pemeriksaan bersama, "kesimpulan yang sepatutnya" akan tercapai.

Ratusan warga Mesir berunjuk rasa di luar kedutaan besar Israel di Kairo semalam, membakar bendera Israel dan menuntut pengusiran duta besar Israel. Unjuk rasa dilaporkan terus berlanjut pada Sabtu pagi (20/8).

(bbc/bbc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar