Featured Video

Kamis, 04 Agustus 2011

Pesepakbola Muslim di Jerman Boleh Absen Puasa Ramadan



Frankfurt - Ramadan tahun ini jatuh bertepatan dengan menjelang dimulainya Bundesliga 2011-12. Menyulitkan pesepakbola Muslim? Tidak juga karena mereka tidak wajib berpuasa sekarang.

Dewan Pusat Agama Islam Jerman memberi fatwa bahwa pesepakbola Muslim tidak wajib berpuasa di bulan Ramadan kali ini tetapi dapat menggantinya di lain waktu di saat tidak ada agenda pertandingan.

"Pemain profesional bisa mengganti puasa di periode di mana tidak ada pertandingan. Dengan cara itu, mereka tetap menunjukkan rasa hormat kepada Tuhan dan bulan suci Ramadan," ujar Ketua Dewan Pusat Agama Islam Jerman Aiman Mazyek seperti dikutip AFP.

Di Jerman, ada banyak pesepakbola beragama Islam. Kebanyakan dari mereka adalah pemain berdarah Turki. Selain itu ada juga pemain dari Timur Tengah dan Afrika. Ada juga pemain Eropa yang Muslim seperti Franck Ribery.

Isu perihal puasa di kalangan pesepakbola sempat memantik kontroversi ketika pada tahun 2009, klub Divisi 2 FSV Frankfurt memberi peringatan kepada tiga pemainnnya yang berpuasa di bulan Ramadan tanpa memberi tahu sang manajer.

Tahun lalu, Federasi Sepakbola Jerman (DFB) bersepakat dengan para pemimpin umat Islam untuk memberi kesempatan kepada para pemain berpuasa, yang merupakan satu dari lima rukun Islam.

Sejak tahun lalu pula, Dewan Pusat Agama Islam Jerman menjalin diskusi dengan asosiasi pemain serta meminta pendapat dari cendekiawan Muslim.

Dalam pendapatnya, para ahli di Universitas Al-Azhar di Mesir menyatakan bahwa mengganti puasa di luar Ramadan dimungkinkan bagi pesepakbola profesional agar mereka tetap bisa bermain prima.

Foto: Franck Ribery, salah satu pesepakbola Muslim yang bermain di Jerman. (AFP/Christof Stache)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar