Featured Video

Kamis, 15 Desember 2011

Barca Paksa Al Sadd Main Setengah Lapangan


AFP
Bek Barcelona, Adriano, merayakan golnya ke gawang Sporting Gijon, pada pertandingan Liga BBVA, Minggu (2/10/2011).


YOKOHAMA,  Pemain belakang Barcelona hampir dipastikan tak lelah bekerja saat berhadapan dengan Al Sadd dalam laga semifinal Piala Dunia Antarklub 2011 di Stadion Internasional Yokohama, Kamis (15/12/2011). Tim asuhan Pep Guardiola itu memaksa Al Sadd bermain setengah lapangan hampir sepanjang babak pertama dan berhasil unggul sementara 2-0.


Tekanan demi tekanan yang cepat terus dilancarkan oleh Barca sepanjang babak pertama. Sayangnya eksekusi yang dilakukan oleh David Villa dan Lionel Messi masih belum terlalu akurat. Barisan pertahanan Al Sadd pun sangat rapat.

Gol tak terduga terjadi pada menit ke-25 akibat kesalahan yang dilakukan oleh kiper Mohamed Saqr. Villa yang berhasil menggiring bola ke depan melalui sisi kanan gawang Al Sadd dan mengirimkan umpan silang ke depan gawang. Karena tak bersambut, bek Al Sadd, Nadir Belhadj berhasil mengamankannya dan langsung mengoper bola ke kiper Saqr.

Sayangnya, Saqr tak langsung menangkap bola. Bola yang masih bergulir tepat di depannya langsung ditendang oleh Adriano ke dalam gawang.

Serangan demi serangan terus dilangsungkan Carles Puyol dan kawan-kawan. Namun, Barca belum juga mampu memperbesar keunggulan. Villa yang memiliki peluang di menit ke-36 terjatuh saat dihadang dua bek Al Sadd. Dia terjatuh dan wasit tidak melihatnya sebagai pelanggaran. Pemain asli Spanyol itu justru malah harus digotong keluar lapangan dan digantikan oleh Alexis Shancez.

Peluang emas kemudian kembali membuahkan gol bagi Barca pada menit ke-43. Dengan memanfaatkan umpan dari belakang, Adriano kembali berhasil menyarangkan bola ke gawang Al Sadd. Bola yang sempat terpantul di tanah tidak dapat diamankan oleh kiper Saqr.

Penyerang Al Sadd baru berhasil melakukan serangan setelah menit ke-34. Itu pun tak sampai ke depan gawang Victor Valdes. Serangan balik yang berbuahkan peluang emas baru terjadi pada menit-menit terakhir babak pertama oleh Kader Keita. Sayangnya, tendangannya terus melambung.

Namun, aksi Keita sempat memaksa bek Barcelona,  Javier Mascherano, melakukan pelanggaran dan membuat wasit menghadiahkan tendangan bebas kepada Al Sadd. Namun, peluang ini tak kunjung membuahkan gol. Tendangan Mamadou Niang hanya membentur pagar betis para pemain Barcelona hingga peluit tanda akhir babak pertama dibunyikan.


Susunan pemain Barcelona versus Al Sadd

Barcelona:
 Victor Valdes; Carles Puyol, David Villa, Andres Iniesta, Lionel Messi, Thiago, Javier Mascherano, Seydou Keyta, Pedro, Adriano, Eric Abidal.

Cadangan: Dani Alves, Gerard Pique, Cesc Fabregas, Xavi, Alexis Sanchez, Pinto, Sergio Busquets, Jonathan Dos Santos, Maxwell, Andreu Fontas, Oier Olazabal, Isaac Cuenca


Al Sadd: Mohamed Saqr; Nadir Belhadj, Lee Jung Soo, Wesam Abdulmajid, Kasola Mohammed, Mamadou Niang, Kader Keita, Ibrahim Abdulmajed, Khalfan Al Khalfan, Talal Albloushi, Abdulla Koni.

Cadangan: Saad Al Sheeb, abdelkarim Fadlalla, Yusef Ali, Mesaad Al Hamad, Mohammed Al Yazidi, Hasan Al Haydos, Tahir Muhammad, Magid Hassan, Muhannad Naim, Ali Afif, Naser Saad, Leandro.

KOMPAS.com

TERKAIT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar